PENGEMBANGAN DESA WISATA DI DESA CIHANJUANG RAHAYU MENUJU PARIWISATA KERAKYATAN BERKELANJUTAN DI KABUPATEN BANDUNG BARAT

Main Article Content

I Gede Adiputra
Deo Nandi Marshall

Abstract

Desa wisata akan memberikan nuansa baru bagi masyarakat, hidup menjadi harmoni dengan alam yang menghadirkan suasana dami dan tentram, terhindar dari suasana hiruk pikuk dan polusi dan merasakan satu keterlibatan dalam aktivitas masyarakat sertempat, jadi para wisatawan tidak saja sebagai penikmat dari keindahan alamnya tetapi mesara hadir dan bagian dari kehidup didalammya. dalam artian bahwa wisatawan tidak hanya melihat begitu saja keindahan alam, tetapi dapat hidup di dalamnya. Para wiisatawan juga secara utuh dapat merasakan serta menikmati keberadaan alam dan kehidupan sosial budaya desa setempat. Aksi yang dipertontonkan adalah perjalanan dengan menikmati suasana aktivitas keseharian masyarakat, pengolahan sawah/ladang/pekerjaan kerajinan rakyat di desa serta pembuatan cinderamata.


Dari pertimbangan tersebut, maka diadakan sosialisasi tentang “Pengembangan Desa Wisata di Desa Cihanjuang Rahayu menuju Pariwisata Kerakyatan Berkelanjutan di Kabupaten Bandung Barat”. Dari kegiatan tersebut tujuan yang ingin dicapai adalah: untuk dapat mengembangkan kepariwisataan yang berbasis masyarakat dan berkelanjutan, memberikan manfaat kepada masyarakat, yaitu dapat meningkatkan pendapatan  masyarakat, Dapat menjaga kelestarian Desa Cihanjuang Rahayu dan untuk menghindari alih fungsi lahan yang tidak terkendali.


Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode diskusi, sehingga terjadi interaktif yang positif untuk dapat menghasilkan beberapa simpulan dan solusi positif.


Adapun kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini yang dilaksanakan oleh Tim LPPM Universitas Tarumanagara ternyata mendapatkan respon yang positif dari masyarakat Cihanjuang Rahayu dan sekitarnya. Dari pengamatan tim PKM ternyata masyarakat sangat mendukung jika Desa Cihanjuang Rahayu dijadikan sebagai Desa Wisata yang mana pada gilirannya akan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat setempat. Bahkan masyarakat Cihanjuang Rahayu memohon kepada Tim Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Untar agar kegiatan pengabdian kepada masyarakat semacam ini dapat dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan dengan mengangkat topik-topik yang sejalan dengan potensi dan kondisi masyarakat pada wilayah tersebut.

Article Details

Section
Articles