PSIKOEDUKASI PARA GURU MENGENAI UPAYA MENGIDENTIFIKASI POTENSI SISWA

Main Article Content

Rahmah Hastuti
Chandra Susanto
Agnes Agitza Jaya

Abstract

Guru di sekolah T akan ditempatkan di lokasi mengajar yang baru di wilayah Singkawang, Kalimantan. Para guru membutuhkan informasi sehubungan dengan cara mengetahui dan mengenai potensi yang dimiliki siswa. Pelaksanaan kegiatan pada Januari 2022 dan kegiatan evaluasi pada Februari 2022. Sebanyak 17 guru yang mengisi kuesioner google form, dan lebih banyak berjenis kelamin perempuan. Kelas yang akan diampu oleh para guru dari jenjang pendidikan prasekolah sampai pendidikan menengah, namun lebih banyak yang akan ditempatkan di sekolah dasar. Di akhir sesi, para guru mendapatkan pemahaman bahwa membahas potensi tidak dapat dilepaskan dari variasi individual dari siswa. Para guru menunjukkan antusiasme ketika mempelajari teori multiple intelligences berdasarkan kajian dari Howard Gardner untuk dapat memahami potensi yang dimiliki siswa serta aktif bertanya. Dari evaluasi yang dilakukan pasca pelaksanaan seminar para guru merasakan kebermanfaatan knowledge sharing dari kegiatan seminar dan memberikan masukan topik berikutnya yang dibutuhkan untuk pengayaan informasi.

Article Details

Section
Articles