PELATIHAN PELAPORAN LAPORAN KEUANGAN LENGKAP UNTUK USAHA DALAM BIDANG JASA KEPADA SISWA SMAN 20 TANGERANG BANTEN
Main Article Content
Abstract
Pelatihan ini diadakan di SMAN 20 TANGERANG BANTEN dengan tujuan agar siswa/i dapat memahami karakteristik perusahaan jasa, perbedaan perusahaan jasa dengan perusahaan dagang dan manufaktur, siklus akuntansi di perusahaan jasa, dan laporan keuangan yang harus disiapkan oleh sebuah perusahaan jasa. Pelatihan yang diberikan kepada siswa-siswi SMAN 20 TANGERANG merupakan bentuk dari program Pengabdian Kepada Masyrakat (PKM) yang diberikan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tarumagara yang kompeten di bidang Akuntansi. Mata pelajaran Akuntansi dalam kurikulum SMA hanya diberikan untuk jurusan kelas IPS saja, sedangkan dalam realitanya banyak siswa yang setelah lulus dan melanjutkan ke perguruan tinggi dan memilih fakultas ekonomi jurusan akuntansi. Alasan inilah yang menjadi tujuan pada pelatihan PKM sasarannya mitra sekolah dengan siswa kelas jurusan IPA. Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan gambaran dan bekal pengetahuan untuk siswa jurusan IPA sebagai bekal salah satu alasan peminatan dan pemilihan jurusan kelak di perguruan tinggi setelah lulus. Pelaksanaan PKM ini menggunakan metode terdiri dari beberapa langkah. Pertama, melakukan survey pendahuluan dengan cara mengadakan wawancara kepada pihak sekolah. Kedua, mempersiapkan Modul Pelatihan. Ketiga, dikarenakan kondisi masih dalam situasi pandemic Covid-19, maka kami melakukan pelatihan secara online dengan aplikasi Zoom. Keempat, memberikan latihan secara daring untuk mengetahui sampai mana penguasaan siswa atas materi yang telah dijelaskan. Kami juga meminta para siswa untuk mengisi kuesioner untuk menilai kepuasan mereka atas pelatihan yang diberikan dengan bantuan aplikasi Google Form. Luaran wajib dan luaran Tambahan dari kegiatan PKM ini adalah: Publikasi di Serina Untar 2022, Opini Untar dan Poster di Research Week yang diselenggarakan oleh Universitas Tarumanagara.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.