PERANCANGAN LABEL PRODUK "BULUH" BAMBOO CHARCOAL TOOTH POWDER

Main Article Content

Anny Valentina

Abstract

Rumijo Eco Indonesia atau Rumah Inspirasi Jogja adalah sebuah UMKM yang menawarkan program dan produk minim sampah. Rumijo Eco Indonesia ingin mendapatkan jangkauan pasar yang lebih luas serta meningkatkan daya beli pada produk-produk yang tersedia sehingga membutuhkan bantuan untuk perancangan komunikasi visual dalam bentuk kemasan produk yang juga mengangkat konsep ramah lingkungan tetapi menggunakan gaya visual yang dapat memberikan daya tarik tinggi bagi calon pembeli. Buluh adalah salah satu produk yang dikembangkan oleh Rumijo yang diakibatkan karena keprihatinan pada sumbangan sampah dari tube pasta gigi yang sulit terurai. Selain memiliki konsep yang sangat baik bagi lingkungan, tetapi juga harus mampu secara kreatif membuat kemasan yang menarik. Tidak dapat dipungkiri bahwa kemasan berfungsi sebagai pelindung, desain kemasan juga memegang peranan penting dalam merepresentasikan identitas brand dan konsep brand. Metode pelaksanaan dari kegiatan ini adalah melakukan komunikasi dengan pihak marketplace dan UMKM yang kemudian dilanjutkan dengan melakukan observasi dan penggalian data dari pemilik UMKM. Data yang telah terkumpul kemudian dikelola sebagai landasan dalam penyusunan desain kemasan. Pada tahap akhir dilakukan presentasi dengan pihak UMKM untuk mendapatkan masukan dan memutuskan desain akhir yang sesuai. Pada hasil akhir diputuskan bahwa kemasan dari bambu tetap akan dipertahankan selain unik kemasan dari bambu ini juga bisa dimanfaatkan kembali. Menggunakan ornamen dan warna yang diangkat dari unsur alam untuk representasi identitas brand maka dibuatlah label yang disarankan dicetak menggunakan kertas daur ulang, selain itu label inipun memiliki dua fungsi yang membuat desain ini sangat flexible untuk diterapkan.

Article Details

Section
Articles