PENDEKATAN FEMINISME KONSEP ALPHA FEMALE UNTUK DESAIN INTERIOR TOKO KOSMETIK DI JAKARTA

Main Article Content

Missheal Utama
Noeratri Andanwerti

Abstract

Desain merupakan pemecahan suatu masalah dengan ide-ide kreatif. Desain interior sebuah toko kosmetik yang identik dengan penggunanya, yaitu kaum perempuan memiliki masalah yang unik dan spesifik, seperti kesetaraan gender. Pembahasan kesetaraan gender yang pemasalahannya difokuskan pada perempuan merupakan suatu subjek yang selalu menuai pro dan kontra. Pembahasan ini muncul dari diskriminasi yang dialami oleh perempuan sejak abad ke-19, dimana perempuan selalu dipandang lebih rendah daripada laki-laki. Studi kali ini, analisis karakteristik pengguna perempuan dilakukan sebagai bentuk implementasi desain pada toko kosmetik Sociolla di Jakarta adalah dengan pendekatan feminisme. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Metode analisis yang digunakan menggunakan metode brainstorming dan mind mapping untuk mengasilkan ide-ide desain. Pendekatan feminisme dalam menyusun konsep desain mencerminkan karakteristik perempuan kuat. Alpha female adalah istilah untuk para perempuan cerdas, percaya diri, mandiri, berjiwa kemimpinan, menginsiprasi, menggerakkan orang sekitarnya, dan membawa perubahan.

Article Details

Section
Articles