PENGARUH PEMASARAN DIGITAL TERHADAP MINAT BELI HANDUK PADA MARKETPLACE “X”

Main Article Content

Wisaka Mustika
Meike Kurniawati

Abstract

Beberapa tahun ini perubahan teknologi semakin berkembang dengan pesat, salah satu contohnya adalah internet. Internet membuat aktivitas masyarakat menjadi lebih mudah dan dapat terhubung hingga ke berbagai belahan dunia. Begitupula pada sektor perekonomian, adanya internet diikuti dengan hadirnya marketplace yang menggunakan strategi pemasaran digital dalam melakukan pemasaran produk. Online advertising, social media marketing, email marketing dan search engine marketing merupakan indikator yang mempengaruhi pemasaran digital. Strategi pemasaran produk digital dilakukan dengan harapan dapat meningkatkan minat konsumen untuk membeli terhadap suatu produk yang dipasarkan. Tujuan dari studi penelitian ini adalah untuk mengetahui besar pengaruh variabel pemasaran digital terhadap minat beli produk handuk toko miracle shop.id pada marketplace “X”. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan setiap pertanyaan menggunakan skala Likert. Pengambilan sampel data dilakukan berdasarkan teknik purposive sampling yaitu subjek berjumlah 70 orang dengan kriteria pengguna marketplace “X” dan pernah melihat penawaran produk miracle shop.id. Pengolahan data dilakukan menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan pemasaran digital memiliki pengaruh positif sebesar 21.3% terhadap minat beli konsumen miracle shop.id pada marketplace “X”. Tingkat persentase pengaruh pemasaran digital terhadap minat beli ini masih tergolong kategori rendah dengan 78.7% sisa persentase dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi sebagai referensi untuk penelitian lebih lanjut yang memiliki kaitan variabel antara pemasaran digital dan minat beli konsumen.

Article Details

Section
Articles