PENERAPAN FINITE STATE MACHINE DAN FITUR LEADERBOARD ONLINE PADA GAME KOMPETITIF “MARTIAN MADNESS” BERBASIS ANDROID

Main Article Content

Darius Andana Haris
Jeanny Pragantha
Jonathan William
Carlene Lim

Abstract

Game "Martian Madness" adalah Game bernuansa arcade. Game ini dirancang dengan menggunakan Unity dan ditargetkan untuk smartphone Android. Perancangan Game ini menggunakan Unity dan Paint.NET untuk perancangan sprite pada Game. Pemain dapat memilih tiga tingkat kesulitan dalam Game. Musuh dan stage pada setiap tingkat kesulitan sama namun kekuatan musuh dan kekuatan pesawat beda. Tujuan dalam Game “Martian Madness” adalah mendapatkan skor tertinggi untuk ditampilkan pada leaderboards dengan membunuh musuh secepat mungkin dan sebanyak mungkin. Pengujian dilakukan dengan metode blackbox Testing, alpha Testing oleh pakar, dan beta Testing dengan target survei 30 responden. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Martian Madness bukan Game yang bisa disukai oleh semua kalangan pemain. Hal ini dikarenakan Martian Madness memiliki tingkat kesulitan yang variatif dikarenakan penerapan Finite State Machine dan grafik bernuansa retro. Namun fitur leaderboard dapat menarik kembali pemain untuk memainkan kembali karena rasa ingin berkompetisi terhadap pemain lain secara online.

Article Details

Section
Articles