PENGGUNAAN METODE FUZZY AHP DAN TOPSIS PADA PEMILIHAN SUPPLIER (STUDI KASUS: PT. SS)
Main Article Content
Abstract
Kendaraan yang diproduksi PT SS berupa produk setengah jadi yang akan dikirim ke dealer untuk dilengkapi spesifikasi sesuai keinginan konsumen. Salah satu komponen terpenting kendaraan roda 4 adalah rubber parts. Pada saat proses pembelian, permasalahan yang sering terjadi adalah adanya bahan baku yang kualitasnya belum sesuai dengan standar yang diinginkan perusahaan. Tujuan penelitian adalah menentukan supplier rubber parts yang terbaik. Pemilihan supplier menggunakan metode Fuzzy AHP dan TOPSIS. Hasil pembobotan sub kriteria dan kuisioner dijadikan input dalam metode TOPSIS untuk pemilihan alternatif terbaik. Dengan metode Fuzzy AHP kriteria quality memiliki bobot 0,37, price 0,24, service and warranty 0,19, company and governance 0,13 serta delivery 0,07 dengan Bobot supplier dalam prosentase masing-masing PT. IP 16, PT. III 42, PT. CAR 42. Sedangkan Perankingan supplier dengan metode TOPSIS menghasilkan PT. IP 15, PT. III 83 serta PT. CAR 72. Masing-masing sebesar 0, 15; 0,83; 0,72
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.