HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN PADA ANAK REMAJA

Main Article Content

Leonardo Sriwongo
Raja Oloan Tumanggor
Willy Tasdin

Abstract

Persoalan utama yang kerap dihadapi orang tua adalah bagaimana membuat anaknya menjadi manusia yang mandiri baik sejak berusia balita hingga dewasa. Oleh karena itu orangtua berusaha mendampingi anaknya melalui pola asuh yang dirasakan mampu membangun karakter anaknya menjadi manusia yang mandiri. Penelitian ini hendak meneliti hubungan pola asuh orangtua dengan kemandirian anak remaja pada siswa SD, SMP dan SMA dengan cara menguji hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak sekolah. Penelitian ini melibatkan 218 orang dari 14 sekolah di 5 wilayah Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif non eksperimental dengan menggunakan alat ukur Kuesioner Tipe Pola Asuh dan Kuesioner Kemandirian. Data dianalisis menggunakan metode analisis uji korelasi. Hasil menunjukkan bahwa secara umum, tidak ada korelasi yang signifikan antara pola asuh orangtua terhadap kemandirian anak sebesar r = 0,227 > 0,05 untuk pola asuh ayah, dan r=0,228 > 0,05 untuk pola asuh ibu. Hanya saja terdapat dimensi tertentu dari pola asuh orangtua, yaitu pola asuh ayah memiliki pengaruh terhadap kemandirian anak khususnya menyangkut dimensi perilaku sebesar r = 0,006 < 0,05. Sementara pola asuh ayah tidak berpengaruh terhadap dimensi kemandirian anak dalam hal emosional dan dalam hal nilai. Maka, orangtua yang ingin meningkatkan kemandirian anak sekolah sebaiknya menggunakan pola asuh demokratis dan memahami kondisi, apa yang diperlukan dan perasaan anak setiap waktunya agar perilaku anak dapat terkontrol dengan baik.

Article Details

Section
Articles

References

Djamarah, S. B. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluraga. Jakarta: Rineka Cipta.

Godam (2019). Jenis dan macam tipe pola asuh orang tua dan cara mendidik/mengasuh anak yang baik. http://organisasi.org/jenis-macamtipe-pola-asuh-orgtua-pada-anak-cara- mendidik-mengasuh-anak-yangbaik/ diakses 19 November 2019.

Gunarsa, S. D. (2002). Psikologi Perkembangan, PT BPK Gunung Mulia, Jakarta

Haryono, S. E., Anggraini, H., & Muntomimah, S.(2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian dan Kemampuan Regulasi Emosi Anak Usia Dini. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 3(1), 1-10. https://doi.org/10.24903/jw.v3i1.204

Mulyawati (2019). Pengaruh kemandirian belajar dan bimbingan belajar terhadap kemampuan memahami, Jurnal Penyesuaian 2 (2), 368-388.

Widyarini, N. ( 2014). Relasi Orang Tua dan Anak. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Santrock, J.W. (2009). Perkembangan Anak edisi 11. Jakarta: Erlangga.

Sunarty, K. (2016). Hubungan Pola Asuh dengan Kemandirian Anak, Journal of Education Science and Technology, Vol. 2, No. 3. DOI: https://doi.org/10.26858/est.v2i3.3214

The Bronfenbrenner Center for Translational Research-BCTR (2021). This Parenting Style Is Proven to Build Independence in: https://www.psychologytoday.com/us/blog/evidence -based-living/202103/parenting-style-is-proven-build-independence

Wibowo (2013). Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.