IBU & PERILAKU PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK HALAL

Main Article Content

Meike Kurniawati

Abstract

Seiring dengan semakin meningkatnya pertumbuhan jumlah penduduk Muslim dunia ditambah dengan trend positif pertumbuhan ekonomi di negara-negara berpenduduk mayoritas Muslim, telah membawa peningkatan yang signifikan terhadap permintaan berbagai jenis produk halal secara global, termasuk salah satunya produk kosmetik Halal. Indonesia termasuk negara yang  merupakan pasar potensial untuk produk kosmetik Halal. Hal ini disebabkan karena industri kosmetik merupakan salah satu sektor konsumen terbesar di Indonesia, dan didukung juga dengan jumlah penganut Islam yang cukup besar di Indonesia (80,2%).

Salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan seseorang untuk melakukan pembelian adalah kelompok acuan, termasuk keluarga (orang tua). Orang tua khususnya Ibu, memegang peran yang lebih dominan dibandingkan dengan ayah dalam konteks komunikasi keluarga, termasuk yang berkaitan dengan pembelian. Ibu tidak hanya memonopoli keputusan pembelian produk ritel dan produk kebutuhan rumah tangga saja, namun juga menentukan pembelian otomotif, jasa keuangan, komputer, elektronik, jasa perbaikan rumah, dan jasa perjalanan.

Seorang ibu juga diketahui memberikan pengaruh terutama kepada anak perempuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dan seberapa besar pengaruh Ibu terhadap keputusan pembelian produk kosmetik halal. Subjek dalam penelitian ini adalah 200 orang remaja dan dewasa awal. Alasan pemilihan subjek pada rentang usia tersebut adalah karena pada usia tersebut individu sudah bisa melakukan kegiatan konsumsi secara mandiri tetapi tetap juga masih dalam pengawasan orang tua. Responden tidak dibatasi harus beragama Islam karena basis konsumen untuk produk kosmetik Halal tidak terbatas pada konsumen Muslim saja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ibu berpengaruh positif dan signifikan sebesar 15.7% terhadap perilaku pembelian prodiuk kosmetik halal.

Article Details

Section
Articles

References

Adinugraha, H. H., & Sartika, M. (2019). Halal lifestyle di indonesia. An Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah. https://doi.org/10.21274/an.2019.5.2.

Alam, S.S., & Sayuti, N.M. (2011). Applying the theory of planned behavior (TPB) in halal food purchasing. International Journal of Commerce and Management, 21(1), 8-20.

Anggadwita, Grisna & Alamanda, Dini & Ramadani, Veland. (2020). Halal Label vs Product Quality in Halal Cosmetic Purchasing Decisions. IKONOMIKA. 4. 227-242. 10.24042/febi.v4i2.5897.

Barletta, M. (2007). Marketing To Women. New York : Kaplan Publishing.

Dhanoa, R., & Goyal, N. (2018). Millennial Generation Susceptibility to

Interpersonal Influence: A Case of Personal Care Products Purchases.

Endang, N.H.(2014). Perilaku Pembelian Produk Kosmetik Berlabel Halal Oleh Konsumen Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan, Vol 22, No. 1. Jurnal LIPI

Hanzaee, K.H. and Ramezani, M. (2011) Intention to Halal Products in the World Markets. Interdisciplinary Journal of Research in Business, 1, 1-7.

Hornby, C. & Yucel, S. (2009), “Halal food going mainstream in Europe: Nestle”, Reuters, November 17, available at: in.reuters.com/article/2009 (Accessed February, 15 2011)

Islam, T., & Chandrasekaran, D. U. (2013). Halal Marketing: Growing The Pie. International Journal of Management Research and Review.

Kertajaya, H; Darwin W; & Yuswohady. (2005). Winning the mom market in Indonesia : Strategi membidik pasar ibu. . Jakarta :: Gramedia Pustaka Utama,.

Khayati, E. Z. (2015). Pendidikan Konsumen Di Keluarga dan Kontribusi Ibu Dalam Menyiapkan Generasi Emas Indonesia . Seminar Nasional 2015 “Pengembangan SDM Kreatif dan Inovatif untuk Mewujudkan Generasi Emas Indonesia Berdaya Saing Global” Jurusan PTBB FT UNY, 25 Oktober 2015

Kurniawati, M. (2021). Memenangkan Hati Para Ibu, Target Pasar yang Potensial. Kompas : 29 Desember 2021. https://lifestyle.kompas.com/read/2021/12/29/150000120/memenangkan-hati-para-ibu-target-pasar-yang-potensial?page=all.

Lamb, C. W., Hair, J. F. & Mc. Daniel, C. (2006). Pemasaran. Jakarta : Salemba Empat

Madinga, N.W., & Dondolo, B.H. (2017). The Role of Reference Groups On Customer Purchasing Behaviour : Literature Review. The 29th SAIM Annual Conference. Bloemfonteinn -South Africa. 10 – 12 September 2017. 762

Martin, C.A., & Bush, A.J. (2000). Do role models influence teenagers’ purchase intentions and behavior? Journal of Consumer Marketing, 17, 441-453.

Schifmann, L. G., & Kanuk, L. L. (2015). Consumer Behavior. USA : Prentice Hall

Sharma, Adya. 2011. Role Of Family In Consumer Socialization Of Children: Literature Review. Journal of Arts, Science & Commerce

Sharma, Adya. Vandana sonwaney. 2014. Theoretical modeling of influence of children on family purchase decision making. Procedia - Social and Behavioral Sciences.

Sugibayashi, K., Yusuf, E., Todo, H., Dahlizar, S., Sakdiset, P., Arce, F. J., & See, G. L. (2019). Halal cosmetics: A review on ingredients, production, and testing methods. Cosmetics. https://doi.org/10.3390/cosmetics6030037

Walpole, R.E., Myers, R.H. & Myers, S.L. (2012).

Probability and statistics for engineers and scientist. (9th ed.). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.

Wijayanti, Rena & Evelina, Tri & Pribadi, Joni. (2017). Analisis Pengaruh Ibu Sebagai Consumer Socialization Agent Pada Keputusan Pembelian Oleh Konsumen Remaja. Adbis: Jurnal Administrasi dan Bisnis. 11. 15. 10.33795/j-adbis.v11i1.12.