PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, KARAKTERISTIK KEWIRAUSAHAAN SERTA MOTIVASI PADA KEBERHASILAN USAHA KOTA PONTIANAK

Main Article Content

Oey Hannes Widjaja
Herlina Budiono
Gladys Olivia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengetahuan kewirausahaan, karakteristik kewirausahaan serta motivasi berpengaruh pada keberhasilan usaha UMKM kuliner di kota Pontianak. Sampel penelitian adalah sebanyak 80 responden dengan teknik pengambilan sampel adalah convenience sampling yang dikumpulkan melalui kuisinoner online berupa google form. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode structural equation modelling (SEM) dan diolah menggunakan aplikasi SmartPLS versi 3.3.3. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan pada pengetahuan kewirausaahaan, karakteristik kewirausahaan dan motivasi terhadap keberhasilan usaha MUKM kuliner di kota Pontianak.

Article Details

Section
Articles

References

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Process, 50, 171-211.

Alvarez-Torres, F. J., Lopez-Torres, G. C., & Schiuma, G. (2019) Linking entrepreneurial orientation to SMEs’ performance: Implications for entrepreneurship universities. Management Decision, 57(12), 3364-3386.

Aritonang, R. L. R. (2007). Riset Pemasaran. Teori dan Praktik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ekon. (2021). UMKM menjadi pilar penting dalam perekonomian Indonesia.(diakses pada : https://ekon.go.id/20-9-2021)

Ginting, Rio Iman L. 2017. Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Karakteristik Kewirausahaan Terhadap Keberhasilan Usaha Kecil Menengah (UKM) Di Kelurahan Karang Berombak Medan. Universitas Sumatera Utara.

Jeffrey & Sarwo. (2020). Pengaruh Karakteristik Kewirausahaan, Motivasi, dan Kepemimpinan Transformasional terhadap Keberhasilan Usaha UKM Makanan. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(4), 952-960.

Kompas. (2020). UMKM Terdampak Pandemi, Pemerintah dan Swasra Gotong Royong Dorong Pertumbuhan Ekonomi (diakses pada: https://money.kompas.com/20-9-2021).

Malhotra, N. (2012). Service Quality of Frontline Employees: A Profile Deviation Analysis. Journal of Business Research, Vol. 66, No. 9.

Mulyana, Rijal Assidiq. (2013). Pengaruh Norma Subyektif, Persepsi Kontrol Perilaku dan Sikap Wirausaha Terhadap Minar Berwirausaha Siswa SMK. Perpustakaan.upi.edu.

Santoso, D., & Indarto. (2020). Karakteristik Wirausaha, Karakteristik Usaha dan Lingkungan Usaha Penentu Kesuksesan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 13(1), 54-69.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2013). Research Methods for Business. In A Skill-Building Approach (Seventh Ed, hal. 237–266). Chichester: Wiley.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen, (Edisi Pertama). Bandung: Alfabeta.

Suryana. (2013). Kewirausahaan: Pedoman Praktis Kiat dan Proses Menuju Sukses, (Edisi Keempat). Jakarta: Salemba Empat.