ANALISIS BUTIR VARIABEL BURNOUT PADA RELIABILITAS KONSISTENSI INTERNAL

Main Article Content

Sophia Christina
Angela Fredella Nirwanto
Nabilah Nabilah
Rita Markus Idulfiastri
Dhindayanti Putri

Abstract

Burnout adalah respon berkepanjangan terhadap stres emosional dan interpersonal kronis di tempat kerja. Karyawan dengan kondisi burnout lazimnya mengalami gangguan depresi, kecemasan dan pada tingkat selanjutnya burnout dapat mengakibatkan tidak hanya masalah psikologis namun juga masalah fisik. Untuk itu, terkait dengan dampak, diperlukan alat ukur burnout yang handal agar dapat terdekteksi dengan tepat. Berdasarkan konsep burnout dari Schaufeli dengan 4 (empat) dimensi yaitu exhaustion, mental distance, cognitive impairment, dan emotional impairment dilakukan analisis butir alat ukur burnout berdasarkan reliabilitas konsistensi internal. Metode penelitian menggunakan analisis kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sebanyak 17 karyawan di perusahaan IT. Pengolahan data menggunakan statistik parametrik dengan program SPSS version 22. Hasil penelitian memperlihatkan butir-butir mempunyai daya beda cukup baik. Terdapat 2 (dua) butir dari 23 butir yang memiliki daya beda < 0,300. Berdasarkan butir-butir tersebut, diperoleh koefisien reliabilitas konsistensi internal sebesar 0,931 (Sangat reliabel). Penelitian ini didukung oleh data subyek yang lengkap dengan golongan subyek yang memiliki burnout rendah, sedang sampai tinggi. Penelitian selanjutnya diperlukan jumlah sampel > 100 orang agar diperoleh konsisten yang lebih kuat antar butir.

Article Details

Section
Articles

References

Bakker, A. B., Demerouti, E., & Euwema, M. C. (2005). Job Resources Buffer the Impact of Job Demands on Burnout. Journal of Occupational Health Psychology, 10(2), 170–180.

Bakker, A. B., Hetland, J., Olsen, O. K., Espevik, R., & De Vries, J. D. (2020). Job crafting and playful work design: Links with performance during busy and quiet days. Journal of Vocational Behavior, 122, Article 103478.

Chandra, F. (2020). Burnout ditinjau dari kualitas kehidupan kerja pada karyawan. Psyche165 Journal. Vol.13 (1).

Cohen, R., J. & Swerdlik, M. (2013). Psychological testing and Assessment. An introduction to test and measurement. McGraw-Hill Education. 9th Edition.

Danudoro, K., Zamralita, & Lie, D. (2021). The Effect of Job Demands on Burnout with Job Resources as A Moderator Among External Auditors. Advance in Social Science, Education and Humanities Research, 570, 1138-1143.

Hakanen, J. J., & Roodt, G. (2010). Using the job demands-resources model to predict engagement: Analysing a conceptual model. In A. B. Bakker (Ed.) & M. P. Leiter, Work engagement: A handbook of essential theory and research (pp. 85–101). Psychology Press.

Hair, J., F., Black, W.,C., Babin, B., J., Anderson, R.,E. (2010). Mutlivariate Data Analysis. Parson Prentice. 7th Edition.

Jia, C. X., & Li, J. C. (2021). Work-Family Conflict, Burnout, and Turnover Intention among Chinese Social Workers: The Moderating Role of Work Support. Journal of Social Service Research, 1–16.

Kusumaningrum, I., Y., Sunardi, Saleh, C. (2016) Pengaruh beban kerja dan karakteristik individu terhadap kinerja perawat melalui burnout sebagai variabel interviewing pada PT Nusantara Medika Utama Rumah Sakit Perkebunan (Jember Klinik). Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol 10. p: 329-342.

Maslach, C. & Leiter, M.P (2016) Stress: Concepts, Cognition, Emotion, and Behavior. Burnout p 341-356. Elsivier Inc. http://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-800951-2.00044-3

Patel R. M., & Bartholomew J. (2021) Impact of Job Resources and Job Demands on Burnout among Physical Therapy Providers. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(23):12521.

Rahman, D., H. (2020). Validasi school burnout inventory versi bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Vol 13(2). http://journal.uny.ac.id/index.php/jpip

Russell, M. B., Attoh, P. A., Chase, T., Gong, T., Kim, J., & Liggans, G. L. (2020). Examining Burnout and the Relationships Between Job Characteristics, Engagement, and Turnover Intention Among U.S. Educators. SAGE Open, 10(4), 215824402097236.

Schaufeli, W.B., De Witte, H. & Desart, S. (2020). Manual Burnout Assessment Tool (BAT) – Version 2.0. KU Leuven, Belgium: Unpublished internal report.