EKSPLORASI KEARIFAN LOKAL DESA KADUGENEP MELALUI PERANCANGAN KREATIF VIDEO PROFILE

Main Article Content

Nuryadi Nuryadi
Edy Chandra

Abstract

Merujuk, mendukung, serta melanjutkan program-program dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam membantu pengembangan pengusaha kecil menengah yang banyak tersebar di wilayah Indonesia saat ini. Dimana pengembangan program-program yang sukses diimplementasikan hingga meraih Rekor MURI, yaitu Business Matching 2022 di Nusa Dua Bali. Rekor kebangkitan ekonomi kreatif dengan nilai income 214 Trilyun dalam transaksi selama 3 hari. Atas dasar fakta-fakta tersebut, proses pengembangan tersebut masih belum merata dilakukan. Jika mendengar produsen lokal berupa tas, maka akan merujuk kepada wilayah Kota Bandung dan Kota Tasikmalaya di Jawa Barat. Tentunya Kawasan pengerajin tas masih dapat ditemukan di wilayah Desa Kadugenep, Kecamatan Petir, Kabupaten Serang. Dikenal dengan nama “desa kecil seribu mesin”. Kualitas produk-produk yang dihasilkan tidak kalah dengan produsen-produsen dari kota Bandung dan kota Tasikmalaya. Fakta saat ini dari potensi perekonomian di wilayah Desa Kadugenep belum maksimal dikenal secara luas. Fakta ini menjadi poin rencana penelitian terapan dan usulan konsep kreatif memilk tujuan untuk mengangkat kembali ciri khas kearifan lokal di kawasan Desa Kadugenep melalui pemikiran dan perencanaan kreatif perancangan video profile. Metode penelitian observasi dan wawancara dilakukan dengan informan di pengurus dan pengerajin Desa Kadugenep. Paradigma dalam penelitan ini adalah nonpositivisme studi literatur untuk meneliti pembahasan dalam konsep tertentu dalam sebuah literatur atau wacana situasi pada Desa Kadugenep. Asumsi yang diharapkan kepada Desa Kadugenep adalah terciptanya solusi kreatif tayangan video profile yang menjadi indikator perkembangan informasi kerajinan tas di Desa Kadungenep melalui media video profile dimasa mendatang.

Dimensions

Article Details

Section
Articles

References

Evans, J. (2013). Breaktrough Thinking: A Guide to Creative Thinking and Idea Generation. Canada: F+W Media.

Fachrudin, A. (2012). Dasar-Dasar Produksi Televisi: Produksi Berita, Feature, Laporan Investigasi, Dokumenter, dan Teknik Editing. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Gregory, S., & Caldwell, G. (2008). Video For Change . Yogyakarta: INSIST Press.

Marjanto, D. K., Setiawan, B., Kusumah, S. D., Utama, B., & Sugih. (2013). Kearifan Lokal dan Lingkungan. Jakarta: PT Gading Inti Prima.

Priyadharma, T. (2001). Kreativitas dan Strategi. Jakarta: Citra Mandala Pratama.

Vega, Wendy. (2004). The Making of Animation Homeland. Jakarta: Megindo Tunggal Sejahtera.