RISIKO PENGGUNAAN BERLEBIH DARI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI AREA YANG MENGALAMI PEMBATASAN TEMPORER (STUDI PADA SEKTOR PERGURUAN TINGGI)

Main Article Content

Richard Andrew
Vania Griselda Cudivia

Abstract

Banyak sekali perusahaan yang bergerak di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi berkembang lebih pesat dalam beberapa tahun terakhir.  Hal ini terjadi di berbagai kawasan di beberapa belahan dunia dan salah satu hal yang mendorong hal ini adalah kebijakan pembatasan temporer yang dijalankan oleh sejumlah negara.  Kebijakan ini dilakukan dengan sistem yang bertingkat pada beberapa daerah atau negara namun ada juga negara yang menetapkan kondisi yang sama untuk seluruh wilayahnya.  Satu hal yang sama dari jenis kebijakan ini adalah membatasi mobilitas langsung dari banyak orang sehingga hal ini tidak hanya berdampak pada sektor bisnis yang menargetkan keuntungan berkelanjutan tetapi juga berefek pada sektor nirlaba seperti sektor pendidikan tinggi.  Perubahan ini juga terjadi di Perguruan Tinggi karena banyak dari kampus itu tidak memiliki pengalaman untuk melakukan pembelajaran daring secara penuh namun dipaksa hampir dua tahun untuk menjalankan hal tersebut untuk ditawarkan kepada peserta didik mereka.  Dalam riset ini, tim peneliti juga menemukan bahwa ada banyak keunggulan dengan penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi selama masa pembatasan temporer berlangsung.  Hanya saja, tim yang sama juga menemukan bahwa penggunaan berlebih dari hal ini dapat memberikan masalah yang lebih besar terutama jika dilakukan dalam jangka yang lebih panjang bagi banyak civitas akademika yang terkait di dalamnya dan oleh sebab itu hal ini harus dimitigasi di masa mendatang agar risikonya tidak terlalu tinggi.

Article Details

Section
Articles

References

Adarkwah, M. A. (2021). “I’m not against online teaching, but what about us?”: ICT in Ghana post Covid-19. Education and Information Technologies, 26(2), 1665-1685.

Ahn, N. Y., Park, J. E., Lee, D. H., & Hong, P. C. (2020). Balancing personal privacy and public safety during COVID-19: The case of South Korea. IEEE Access, 8, 171325-171333.

Andreev, V. V., Gorbunov, V. I., Evdokimova, O. K., Nikitina, I. G., & Trofimova, I. G. (2020). Negative aspects of the use of infocommunication technologies by undergraduate students of engineering academic programs in a regional Russian university. Universal Journal of Educational Research, 8(3), 844-856.

Anggraeni, S. (2019). Pengaruh Pengetahuan Tentang Dampak Gadget Pada Kesehatan Terhadap Perilaku Penggunaan Gadget Pada Siswa SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin. Faletehan Health Journal, 6(2), 64-68.

Badruzaman, D. (2019). Kajian Hukum Tentang Internet Mobile dalam Upaya Pencegahan Dampak Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia. Ajudikasi: Jurnal Ilmu Hukum, 3(2), 135-152.

Bastida, L., Cohen, J. J., Kollmann, A., Moya, A., & Reichl, J. (2019). Exploring the role of ICT on household behavioural energy efficiency to mitigate global warming. Renewable and Sustainable Energy Reviews, 103, 455-462.

Buabbas, A., Hasan, H., & Shehab, A. A. (2021). Parents’ Attitudes Toward School Students’ Overuse of Smartphones and Its Detrimental Health Impacts: Qualitative Study. JMIR Pediatrics and Parenting, 4(2), e24196.

Egana-delSol, P., Bustelo, M., Ripani, L., Soler, N., & Viollaz, M. (2022). Automation in Latin America: Are Women at Higher Risk of Losing Their Jobs?. Technological Forecasting and Social Change, 175, 121333.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.

Fernández-Gutiérrez, M., Gimenez, G., & Calero, J. (2020). Is the use of ICT in education leading to higher student outcomes? Analysis from the Spanish Autonomous Communities. Computers & Education, 157, 103969.

Gui, M., & Büchi, M. (2021). From use to overuse: Digital inequality in the age of communication abundance. Social Science Computer Review, 39(1), 3-19.

Hasanah, U. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila di Kalangan Generasi Millenial Untuk Membendung Diri Dari Dampak Negatif Revolusi Indutri 4.0. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 52-59.

Idhartono, A. R. (2020). Studi literatur: analisis pembelajaran daring anak berkebutuhan khusus di masa pandemi. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(3), 529-533.

Kamal, A. (2022). Politik Moderasi Beragama di Indonesia di Era Disrupsi: Menuju Dialog Spiritual-Humanis. Moderate El Siyasi: Jurnal Pemikiran Politik Islam, 1(1), 40-57.

Kim, S., & Faith, M. S. (2020). Cyberbullying and ICT use by immigrant youths: A serial multiple-mediator SEM analysis. Children and youth services review, 110, 104621.

Kusuma, R. A. (2019). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Perilaku Intoleransi Dan Antisosial Di Indonesia. Mawa'izh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 10(2), 273-290.

Lange, S., Pohl, J., & Santarius, T. (2020). Digitalization and energy consumption. Does ICT reduce energy demand?. Ecological Economics, 176, 106760.

Lebo, D., & Anwar, S. (2021). Pemberdayaan Komunitas Siber Oleh Pemerintah Republik Indonesia Dari Perspektif Strategi Perang Semesta. Strategi Perang Semesta, 6(1).

Leng, C., Ma, W., Tang, J., & Zhu, Z. (2020). ICT adoption and income diversification among rural households in China. Applied Economics, 52(33), 3614-3628.

Mahdum, M., Hadriana, H., & Safriyanti, M. (2019). Exploring Teacher Perceptions and Motivations to ICT Use in Learning Activities in Indonesia. Journal of Information Technology Education, 18.

Maharaj, M. S., & Munyoka, W. (2019). Privacy, security, trust, risk and optimism bias in e-government use: The case of two Southern African Development Community countries. South African Journal of Information Management, 21(1), 1-9.

Milton, A. C., Gill, B. A., Davenport, T. A., Dowling, M., Burns, J. M., & Hickie, I. B. (2019). Sexting, web-based risks, and safety in two representative national samples of young Australians: Prevalence, perspectives, and predictors. JMIR mental health, 6(6), e13338.

Muannas, M., & Mansyur, M. (2020). Model Literasi Digital untuk Melawan Ujaran Kebencian di Media Sosial (Digital Literacy Model to Counter Hate Speech on Social Media). JURNAL IPTEKKOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi), 22(2), 125-142.

Nuraeni, Y. (2020). Analisis Terhadap Undang-Undang Ketenagakerjaan Indonesia Dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ketenagakerjaan, 15(1).

Ofori, I. K., & Asongu, S. A. (2021). ICT diffusion, foreign direct investment and inclusive growth in Sub-Saharan Africa. Telematics and Informatics, 65, 101718.

Prastyaningtyas, E. W. (2019, October). Dampak ekonomi digital bagi perekonomian indonesia. In seminar nasional manajemen, Ekonomi, Akuntansi (Vol. 1, No. 1, pp. 103-108).

Saito, K., & Saito, Y. (2021). Relationship between Information and Communication Device Usage and Development of Hand Disorders. INQUIRY: The Journal of Health Care Organization, Provision, and Financing, 58, 00469580211029607.

Schauer, S., Polemi, N., & Mouratidis, H. (2019). MITIGATE: a dynamic supply chain cyber risk assessment methodology. Journal of Transportation Security, 12(1), 1-35.

Scherer, R., & Siddiq, F. (2019). The relation between students’ socioeconomic status and ICT literacy: Findings from a meta-analysis. Computers & Education, 138, 13-32.

Semerci, A., & Aydin, M. K. (2018). Examining High School Teachers' Attitudes towards ICT Use in Education. International Journal of Progressive Education, 14(2), 93-105.

Strupczewski, G. (2021). Defining cyber risk. Safety science, 135, 105143.

Susilowati, I. (2019). Penyuluhan Penggunaan Gadget Yang Bijak Dan Aman. In Prosiding (SENIAS) Seminar Pengabdian Masyarakat.

Tchamyou, V. S., Asongu, S. A., & Odhiambo, N. M. (2019). The role of ICT in modulating the effect of education and lifelong learning on income inequality and economic growth in Africa. African Development Review, 31(3), 261-274.

Tondeur, J., Aesaert, K., Prestridge, S., & Consuegra, E. (2018). A multilevel analysis of what matters in the training of pre-service teacher's ICT competencies. Computers & Education, 122, 32-42.

Udin, S., Bujang, I., Noemi, N. C., & Said, J. (2021). The Effect of Information and Communication Technology (ICT) on Bank Liquidity Risk. Academy of Strategic Management Journal, 20, 1-10.

Vu, K., Hanafizadeh, P., & Bohlin, E. (2020). ICT as a driver of economic growth: A survey of the literature and directions for future research. Telecommunications Policy, 44(2), 101922.

Wulakada, H. H. (2021). Dilema Persebaran dan Aksesbilitas Prasarana Pendidikan di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jurnal Geografi, 1(1), 1-12.