PENGARUH PEMANFAATAN LAYANAN SHOPEE FOOD BAGI PELAKU UMKM DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Faskawaty Simarmata
Rahayu Novita Lesmana
Putri Rusdiana Sari
Arif Setiyawan

Abstract

Indonesia is one of the many countries affected by COVID-19. This has an impact on several community activities in Indonesia, in various sectors, especially in the UMKM sector. Currently, a new service innovation is emerging from one of the e-commerce sites, Shopee. Shopee presents a new service, namely Shopee Food (food delivery) which helps UMKM in conducting sales transactions and payments in cash and non-cash. The purpose of this study is to see the influence of the benefits of Shopee Food services for UMKM actors who have been affected by COVID-19 to date. This research uses literature study and interviews, with the type of qualitative descriptive research. The results of this study are the many benefits and influence of Shopee Food services for UMKM, such as increasing income for UMKM, increasing knowledge about digital marketing strategies and UMKM being able to participate in major Shopee Food events such as 11:11 and so on. So it can be said that the Shape Food service is currently well received by UMKM actors.

 

Indonesia merupakan salah satu dari sekian banyak negara yang terkena dampak COVID-19. Hal tersebut berdampak pada beberapa aktivitas masyarakat di Indonesia, di berbagai sektor khususnya di sektor UMKM. Saat ini muncul inovasi layanan baru dari salah satu situs e-commerce yaitu Shopee. Shopee menghadirkan layanan baru yaitu Shopee Food (food delivery) yang membantu UMKM dalam melakukan transaksi penjualan dan pembayaran secara tunai maupun non tunai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh pemanfaatan layanan Shopee Food bagi pelaku UMKM yang terdampak COVID-19 hingga saat ini. Penelitian ini menggunakan studi pustaka dan wawancara, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah banyak manfaat dan pengaruh dari layanan Shopee Food bagi UMKM, seperti peningkatan pendapatan bagi UMKM, peningkatan pengetahuan tentang strategi pemasaran digital dan UMKM dapat mengikuti event-event besar Shopee Food seperti 11:11 dan lain sebagainya. Sehingga dapat dikatakan bahwa layanan Shopee Food diterima dengan baik saat ini oleh para pelaku UMKM.

Article Details

Section
Articles

References

Ariyanto, Aris, dkk. (2021). “Strategi Pemasaran UMKM di Masa Pandemi”. (d. Hadion Wijoyo, Ed.) Solok, Sumatera Barat: ICM (Insan Cendekia Mandiri).

Armistead, C.G., dan G. Clark; (1996). Customer Service and Support (Layanan dan Dukungan Kepada Pelanggan). Jakarta : PT Elex Media KomputindoKelompok Gramedia.

Https://shopee.co.id/ (Diakses pada tanggal 14 November 2021, pukul 13.30 WIB).

Https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/pemerintah-terus-perkuat-umkm-melalui-

berbagai-bentuk-bantuan/ (Diakses pada tanggal 14 November 2021, pukul 13.00 WIB).

Kasmir. 2017. Customer Service Excellent. PT Raja Grafindo Persada. Depok.

Khomariyah, A. (2021). “Peluang Bisnis Makanan dan Minuman di Shopee Food Bagi UMKM”. Kotler, Philip, dkk. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi Kedelapan. Jakarta:

Erlangga.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia

Kotler, Philip. (2008). Manajemen Pemasaran, edisi tiga belas, terjemahan bob sabran MM. Jakarta :Erlangga