PENDAMPINGAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI UPAYA MEDIA PEMBELAJARAN HYBRID PADA PENDIDIKAN PRA SEKOLAH

Main Article Content

Henki Bayu Seta
Theresiawati Theresiawati

Abstract

The COVID-19 pandemic has greatly impacted educational institutions, including pre-school education or kindergarten education. Pre-school education is very helpful for children, especially the physical and non-physical aspects, by providing stimulation for physical, spiritual and motor development. Schools are required to be more responsive and creative in preparing the learning process. One of them is by utilizing information technology. The problem being faced by the school is the ability of teachers who are not familiar with information technology-based educational applications to support learning activities, share information and online learning media. This community service program activity was carried out to assist schools in introducing hybrid learning information technology, including socializing, training and utilizing Google Classroom for teachers at TKA-T Hayaatul IlmiKindergarten, Cimanggis, Depok. The methods used in this community service activity include analyzing the needs of partners, determining the material for the activities to be carried out, and discussing techniques for implementing community service activities. Based on the activities that have been carried out, it is known that Google Classroom can provide benefits for hybrid learning. This hybrid learning using Google Classroom is immediately implemented for the current school year and can be used optimally with an approach to the parents or guardians of students. So that the hybrid learning process during this pandemic can be carried out properly.

Masa pandemi covid 19 sangat berdampak pada institusi pendidikan, tidak terkecuali pendidikan pra sekolah atau pendidikan taman kanak - kanak. Pendidikan pra sekolah sangat membantu anak khususnya aspek fisik dan nonfisik, dengan memberikan rangsangan bagi perkembangan jasmani, rohani, motorik. Pihak sekolah di tuntut untuk lebih responsif dan kreatif dalam mempersiapkan proses pembelajaran. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan tekonologi informasi. Permasalahan yang sedang dihadapi oleh pihak sekolah adalah kemampuan para guru yang belum mengenal aplikasi edukasi berbasis teknologi informasi untuk menunjang kegiatan pembelajaran, berbagi informasi maupun media pembelajaran secara daring. Kegiatan program pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk membantu pihak sekolah dalam mengenalkan teknologi informasi pembelajaran secara hybrid antara lain melakukan sosialisasi, pelatihan dan pemanfaatan Google Classroom bagi para guru di TKA-T Hayaatul Ilmi, Cimanggis, Depok. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini antara lain melakukan analisi kebutuhan mitra, menentukan materi kegiatan yang akan dilakukan, dan pembahasan teknik pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan, diketahui bahwa Google Classroom dapat memberikan manfaat untuk pembelajaran secara hybrid. Pembelajaran hybrid dengan menggunakan Google Classroom ini langsung diimplementasikan untuk tahun ajaran berjalan dan dapat digunakan secara optimal dengan pendekatan kepada pihak orang tua atau wali murid. Sehingga proses pembelajaran hybrid di masa pandemi ini dapat terlaksana dengan baik.  

Article Details

Section
Articles

References

Listia, W. N. (2020). “Tingkat Kebutuhan Guru Paud Terhadap Penggunaan Google Classroom Selama Masa Pandemi”. Jurnal Usia Dini, 6(2), 48-53.

Shofa, M. F. (2020). Inovasi Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini dI Masa Pandemi Covid 19. BUANA GENDER: Jurnal Studi Gender dan Anak, 5(2), 86-96.

Kristina, E., Pandiangan, P., & Layang, S. (2020). Application of Google Classroom-based Blended Learning Model in Creative Product and Entrepreneurship Learning Subjects in Smk Negeri 1 Palangka Raya. BALANGA: Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 8(2), 81-85.

Maharani, N., & Kartini, K. S. (2019). Penggunaan google classroom sebagai pengembangan kelas virtual dalam keterampilan pemecahan masalah topik kinematika pada mahasiswa jurusan sistem komputer. PENDIPA Journal of Science Education, 3(3), 167-173.

Sawitri, D. (2020). Penggunaan Google Meet untuk work from home di era pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19). Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), 13-21.

Wicaksono, M. D. (2020). Pemanfaatan Google Classroom dalam Strategi Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Ips Kelas Viii. Inspirasi (Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial), 17(1).

Rahayu, S., & Inayah, R. (2021). PELATIHAN GOOGLE CLASSROOM BAGI GURU SMP&SMA SE-KECAMATAN LEMAHSUGIH KABUPATEN MAJALENGKA. Abdimas Siliwangi, 4(2), 344-353.