MENGEMBANGKAN USAHA MAKANAN RINGAN TRADISIONAL KEMBANG GOYANG MELALUI REDESAIN KEMASAN

Authors

  • Lydiawati Soelaiman Program Studi S1 Manajemen, Universitas Tarumanagara Jakarta
  • Anastasia Cinthya Gani Program Studi S1 Desain Interior, Universitas Tarumanagara Jakarta
  • Gregorius Genep Sukendro Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Tarumanagara Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.24912/pserina.v1i1.17647

Keywords:

MSME, packaging design, logo, brand awareness.

Abstract

Nowadays, some typical traditional snacks have been hard to find in the market and not even served during Hari Raya. One of the MSMEs in Jambi, Dapur Mama Fafi, trying to preserve the typical food of Jambi such as Kembang Goyang with a more contemporary taste. The market response to this product is quite evident even during the pandemic. The problem faced by MSME partners is the absence of a logo for brand identity. Moreover, product packaging in the form of transparent plastic causes fragility, especially during delivery. For this reason, the purpose of this activity is to help MSMEs design packaging more attractive and safe for long-distance delivery. The method of implementing this activity is to conduct interviews with business owners to find out the problems faced, create a logo, and also design packaging following with the expectations of business owners. The results obtained from this activity are the logo as a brand identity as well as a stronger and safer packaging in maintaining the durability and quality of the products. Hope this activity can increase brand awareness of snack products sold by MSME Dapur Mama Fafi.


Pada saat ini, beberapa kudapan tradisional khas suatu daerah sudah sulit ditemui di pasaran bahkan sudah tidak disajikan pada saat Hari Raya.Salah satu UMKM di Jambi yaitu Dapur Mama Fafi mencoba untuk melestarikan makanan khas daerah Jambi yang salah satunya adalah kue tradisional Kembang Goyang dengan rasa yang lebih kekinian. Respon pasar terhadap produk ini cukup baik terbukti dengan jumlah pemesanan yang cenderung stabil meskipun di masa pandemi. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra UMKM adalah belum adanya logo untuk identitas merek dan kemasan produk yang berupa plastik transparan menyebabkan mudah rapuhnya produknya terlebih jika dikirimkan ke luar kota. Untuk itu, tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu UMKM berinovasi dengan melakukan desain kemasan produk yang lebih menarik dan aman untuk pengiriman jarak jauh. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah dengan melakukan wawancara kepada pemilik usaha untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi berkaitan dengan penjualan produknya. Berdasarkan hasil wawancara maka tim abdimas memutuskan untuk membuatkan logo dan desain kemasan sesuai dengan harapan dari pemilik usaha. Luaran dari hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini berupa logo sebagai identitas merek serta kemasan yang lebih kuat dan aman dalam menjaga ketahanan dan kualitas dari kembang goyang. Diharapkan kegiatan pengabdian masyarakat ini mampu meningkatkan brand awareness dari produk kudapan yang dijual oleh UMKM Dapur Mama Fafi. 

References

Kotler, P., & Keller, K.L. (2011). Marketing Management, 14th ed., Pearson Education, London.

Mediaindonesia.com (2021, Januari). Kebiasaan ngemil meningkat selama pandemi. Diakses dari https://mediaindonesia.com/humaniora/376373/kebiasaan-ngemil-meningkat-selama-pandemi

Nugrahani, R. (2015). Peran Desain Grafis pada Label dan Kemasan Produk Makanan UMKM. Imajinasi Jurnal Seni. 9(2). 127-136

Prasetya, Ardian Jaya., Laksono, Yuanto., Hidyat, Wahyu. (2020). Pengabdian Kepada Masyarakat Pengembangan Marketing Website dan Desain Kemasan pada UKM Bumi Cipta Sejahtera Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM17). 5(1). 92-98

Salem. (2018). Effect of Perfume Packaging on Basque Female Consumers Purchase Decision in Spain. Management Decision. 56(8). 1748-1768.

Ulrich, K.T., & Eppinger, S., D. (2008). Product Design and Development. Illinois: Irwin Professional Pub.

Willy & Nurjanah. (2019). Pengaruh Kemasan Produk dan Rasa terhadap Minat Beli yang Berdampak pada Keputusan Pembelian Pelanggan Minuman Energi. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2). 65-74.

Younus, S., Rasheed, F., & Zia,A. (2015). Identifying The Factors Affecting Customer Purchase Intention. Global Journal of Management and Business Research. 9 (13)

Downloads

Published

2021-12-28