TELANGISASI: SUB PROGRAM PENGEMASAN HASIL PANEN SEBAGAI PROGRAM PENGEMBANGAN PRODUK UMKM DALAM WILAYAH KAMPUNG KOTA
DOI:
https://doi.org/10.24912/pserina.v1i1.17575Abstract
Program Telangisasi: Sub Program Pengemasan Hasil Panen Sebagai Program Pengembangan Produk UMKM Dalam Wilayah Kampung Kota merupakan program lanjutan dari program sebelumnya yaitu Kelorisasi Dan Telangisasi Sebagai Program Pengembangan Produk UMKAM Dalam Wilayah Kampung SPK NOMOR : 1551-Int-KLPPM/UNTAR/XI/2020. Telangisasi merupakan salah satu program Penghijauan dan Upaya Ketahanan Pangan Lingkungan serta sebagai program pengembangan UMKM. Telangisasi adalah program penanaman dengan maksud penghijauan lingkungan di wilayah kampung kota dengan tanaman telang untuk mendapatkan manfaat bunga telang sebagai bahan obat, makanan dan penghijauan lingkungan. Program ini sesungguhnya bernilai ekonomi sehingga nantinya dapat sebagai usaha rumahan warga RW 11 yang dapat meningkatkan perekonomian warga (UMKM). Permasalahan mitra adalah pendampingan progres pelaksanaan Telangisasi dari penanaman (yang sudah dilaksanakan pada program PKM terdahulu di tahun 2020 semester ke dua) dilanjutkan dengan program pengolahan telang sebagai telang kering (teh telang) dengan pengemasan yang berdaya jual untuk meningkatkan UMKM. Program ini dilakukan di wilayah RW 11, Kelurahan Pekayon Jaya, Bekasi Selatan. Lokasi mitra merupakan wilayah perumahan yang dapat digolongkan sebagai kampung kota. Tahapan-tahapan dilakukan pemantauan panen, pengeringan, packing bunga telang. Pada periode ini, PKM UNTAR melakukan konsentrasi pelaksanaan pada program pengemasan (cara kemas maupun desain) yang berdaya jual.
References
Ana, Z., & Bertha, K. L. (2012). Ekstraksi dan analisis zat warna biru (anthosianin) dari bunga telang (Clitoria ternatea) sebagai pewarna alami. Jurnal Teknologi Kimia dan Industri, 1(1), 356-365
Basu Swastha, 1999, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Ketiga Yogyakarta, Liberty
Cahyaningsih, E., Yuda, P. E. S. K., & Santoso, P. (2019). Skrining Fitokimia Dan Uji Aktivitas Antioksidan Ekstrak Etanol Bunga Telang (Clitoria ternatea L.) Dengan Metode Spektrofotometri Uv-Vis. Jurnal Ilmiah Medicamento, 5(1), 51-57
Kotler, Philip, 2003. Manajemen Pemasaran, Edisi sebelas. Jakarta : PT. Indeks
Kusrini, E., & Tristantini, D. (2017). Uji aktivitas ekstrak bunga telang (Clitoria ternatea L.) sebagai agen anti-katarak. Jurnal Jamu Indonesia, 2(1), 30-36.
Marpaung, A., M., 2010, Tinjauan Manfaat Bunga Telang (Clitoria Ternatea L.) Bagi Kesehatan Manusia, Journal Functional Food & Nutraceutical, 2020:1(2), pp.47-69
Pratimasari, D., & Lindawati, N. Y. (2018). Optimasi Zat Warna Bunga Telang (Clitoria ternatea) Sebagai Pewarna Alami Pada Sirup Parasetamol. Jurnal Ilmiah Manuntung, 4(2), 89-97.
Cenadi, C. S. (2000). Peranan desain kemasan dalam dunia pemasaran, Nirmana Vol 2 no 1, Januari hal. 92-103
Wirya, Iwan (1999), Kemasan yang Menjual, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. h. ix