ANALISIS MASA DEPAN PERUSAHAAN E-COMMERCE TOKOPEDIA MELALUI STRATEGY-FORMULATION FRAMEWORK

Main Article Content

Riyano Ihsya
Fayuthika Alifia K. S
Sarah Alfiyah Hasjim
Mikael Anom Dewa A

Abstract

The development of the business world that is increasing rapidly due to technological advances has made many entrepreneurs turn to online platforms. The use of an internet-based marketplace makes the shopping process not limited by space and time so that sellers from the marketplace do not require large capital for promotional activities. The purpose of implementing an online shopping system is to support the integrity and efficiency of good product development. Therefore, it is not surprising that many e-commerce sites have sprung up in Indonesia that offer a marketplace to connect sellers and buyers. One of them is Tokopedia. The success of Tokopedia e-commerce can be seen from how the services provided are both post-sales services such as online transactions and product delivery as well as after sales support to customers. To measure how successful the implementation of the strategy is, it is necessary to have a strategy-formulation framework to describe what may be achieved in the company's business strategy. The strategy-formulation framework that will be used in this study consists of an analysis of internal and external factors that affect the success of e-commerce, grand matrix, SWOT analysis, and QSPM.


Perkembangan dunia bisnis yang semakin meningkat pesat akibat kemajuan teknologi membuat banyak pengusaha yang beralih ke platform online. Penggunaan marketplace dengan basis internet membuat proses berbelanja tidak dibatasi oleh ruang dan waktu sehingga seller dari marketplace tersebut tidak memerlukan modal yang besar untuk kegiatan promosinya. Tujuan implementasi sistem berbelanja secara online adalah mendukung integritas dan efisiensi pengembangan produk yang baik. Oleh sebab itu tidak heran jika banyak bermunculan e-commerce di Indonesia yang menawarkan marketplace untuk menghubungkan seller dan buyer. Salah satunya adalah Tokopedia. Kesuksesan e- commerce Tokopedia dapat dilihat dari bagaimana service yang diberikan baik post-sales services seperti transaksi online dan product delivery maupun after sales support ke pelanggan. Untuk mengukur bagaimana keberhasilan implementasi strategi yang dilakukan maka dibutuhkan adanya suatu strategy-formulation framework untuk menggambarkan apa yang mungkin harus dicapai dalam strategi bisnis perusahaan. Strategy-formulation framework yang akan digunakan dalam penelitian ini terdiri dari analisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi keberhasilan e-commerce, grand matrix, SWOT analysis, dan QSPM.


Article Details

Section
Articles

References

Putra, Gian, Dkk. “PERENCANAAN STRATEGI BISNIS DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGY-FORMULATION FRAMEWORK GUNA MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING (Studi Kasus Koperasi Unit Desa “Batu”). Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri Volume 2, Nomor 1, Tahun 2014.

Sasmita, Anggi, Dkk. “STRATEGI PEMASARAN TOKOPEDIA DALAM PERSAINGAN ANTAR E-COMMERCE DENGAN ANALISIS SWOT”. Jurnal Pendidikan Tambusai Volume 5, Nomor 2, Tahun 2021.