EVALUASI RUAS JALAN GAJAH MADA MENGGUNAKAN METODE IRAP UNTUK MENCAPAI STAR RATING 4 DAN 5

Ni Luh Putu Shinta Eka Setyarini, Dewi Linggasari, Giulyan Giulyan
| Abstract views: 20 | views: 14

Abstract

Traffic accidents are an important problem in Indonesia, the accidents occur due to various factors, the main factors causing accidents is the driver error factor due to not fair and dangerous road conditions. Therefore the improvement and evaluation of road conditions is very important to reduce the number and fatality of traffic accident. The strategies for improving it is the IRAP method which will be used in this study on the Gajah Mada road – Jakarta, which is targeted to get a Star Rating Score of 4 and 5. From the observation method of the research, it was found that the existing condition of the Gajah Mada road, for vehicle occupant it has reached 4, motorcycles 4, pedestrians 5, but for cyclists only 3 therefore, it is necessary to do countermeasures to improve the Star Rating Score for cyclists to elevate 4 and 5.

Peristiwa kecelakaan lalu lintas merupakan kejadian yang sangat sering terjadi dan harus segera di atasi.  Menurut data statistik 2018 akhir, kecelakaan lalulintas tercatat 109.225 kejadian, dengan komposisi fatalitas tertinggi (meninggal dunia) sebesar 17%.  Hal ini diakibatkan oleh berbagai faktor, faktor utama yang menjadi penyebab adalah kesalahan pengendara, kemudian akibat kondisi jalan yang kurang baik dan berbahaya. Untuk mengatasi defisiensi pada ruas jalan maka evaluasi dan penangatnan kondisi jalan sangat diperlukan guna mengurangi jumlah dan tingkat fatalitas dari kecelakaan lalu lintas. Pada penelitian ini akan di pergunakan metode IRAP, untuk mengevaluasi, menangani dan meningkatkan star rating ruas jalan Gajah Mada di Jakarta, dengan target agar dapat mencapai Star Rating Score 4 dan 5. Dari hasil penelitian diperoleh kondisi eksisting ruas jalan Gajah Mada, untuk moda mobil penumpang sudah mencapai star rating 4, motor 4, pejalan kaki 5, tetapi untuk moda pesepeda hanya mencapai star rating 3, oleh sebab itu, perlu diberikan rekomendasi dan penanganan guna menaikkan Star Rating Score Mode untuk pesepeda agar dapat mencapai 4 dan 5.


Keywords

accident; road safety; driver; IRAP; star rating

Full Text:

PDF

References

(1997). Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota. Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta.

(2004). Panduan Survai dan Perhitungan Waktu Perjalanan Lalu Lintas. Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta.

(2007). Modul Pelatihan Inspeksi Keselamatan Jalan (IKJ) dalam Penyelenggaraan Jalan Berkeselamatan. Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

(2007). Pedoman Operasi Accident Black Spot Investigation Unit/Unit Penelitian Kecelakaan Lalu Lintas (ABIU/UPK). Direktorat Keselamatan Transportasi Darat (DTKD), Jakarta.

(2007). Penyusunan Sistem Manajemen dan Pedoman Keselamatan Jalan dalam Kegiatan Pembangunan Jalan. Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

(2017). Peraturan Pemerintah No 37 Tahun 2017 tentang Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Departemen Perhubungan, Jakarta

Badan Pusat Statistik. Jumlah Kecelakaan, Korban Mati, Luka Berat, Luka Ringan, dan Kerugian Materi 2017-2019. Diakses pada Febuari 14, 2021, dari https://www.bps.go.id/indicator/17/513/1/jumlah-kecelakaan-korban-mati-luka-berat-luka-ringan-dan-kerugian-materi.html

iRAP, IRAP Coding Manual Drive on Left Edition (2019). Diakses pada Maret 19, 2021, dari https://irap.org/specifications/

Labi, S. (2011). Efficacies of Roadway Safety Improvements across Functional Subclasses of Rural Two-Lane Highways. Journal of Safety Research, 42, 231-239.

Lee, J. (2015). Effects of Pavement Surface Conditions on Traffic Crash Severity. Journal of Transportation Engineering, 141 (10), 04015020.

Michalaki, P., et al. (2015). Exploring the factors affecting motorway accident severity in England using the generalised ordered logistic regression model. Journal of Safety Research, 55, 89-97.

Wegman, F. (2017). The future of Road Safety: A Worldwide Perspective. International Association of Traffic and Safety Sciences Research, 40 (2), 66-71.

Copyright (c) 2021 PROSIDING SERINA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.