PENGARUH BRAND TRUST DAN BRAND PREFERENCE TERHADAP BRAND LOYALTY PADA BRAND LAPTOP LENOVO

Main Article Content

Alvin Ariyanto
Kartika Imasari Tjiptodjojo

Abstract

The development of the world of technology today is very fast, over time, technology can not be separated from human activities and many other factors that cause humans can not be separated from technology. During the pandemic, many of us have found the reality to do activities from home, and during a pandemic like this, Lenovo experienced a 25% increase in sales. This study uses quantitative research methods, and the sample taken is Business Faculty students who have bought a Lenovo laptop, the location of this research is Maranatha Christian University. The method for collecting data is by distributing online questionnaires and getting 125 respondents. Filling out the questionnaire by respondents was measured using a Likert scale and processed by the SPSS application. This study uses 3 variables to study, namely brand trust and brand preference independent variable and brand loyalty dependent variable. The results of this study show brand trust af ects brand loyalty on the Lenovo laptop brand, brand preference af ects brand loyalty on the Lenovo laptop brand, brand trust and brand preference simultaneously af ect brand loyalty on the Lenovo laptop brand.


 


Perkembangan dunia teknologi saat ini sangatlah cepat, seiring berjalannya waktu, teknologi tidak dapat dilepaskan dari kegiatan manusia dan banyak faktor lain yang menyebabkan manusia tidak lepas dari teknologi. Masa pandemi banyak dari kita mendapatkan kenyataan untuk melakukan kegiatan dari rumah, dan di masa pandemi seperti ini Lenovo mengalami peningkatan penjualan sebesar 25%. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dan sampel yang diambil adalah Mahasiswa Fakultas Bisnis yang pernah membeli laptop Lenovo, lokasi penelitian ini dilakukan di Universitas Kristen Maranatha. Metode untuk pengumpulan data yaitu dengan menyebar kuesioner secara online dan mendapatkan 125 responden. Pengisian kuesioner oleh responden diukur dengan skala likert dan diolah dengan aplikasi SPSS. Penelitian ini menggunakan 3 variabel untuk diteliti yaitu brand trust dan brand preference variabel independent dan brand loyalty variabel dependent. Hasil dari penelitian ini menunjukkan brand trust mempengaruhi brand loyalty pada brand laptop Lenovo, brand preference mempengaruhi brand loyalty pada brand laptop Lenovo, brand trust dan brand preference mempengaruhi secara simultan terhadap brand loyalty pada brand laptop Lenovo.

Article Details

Section
Articles