PENGEMBANGAN PROMOSI MEDIA SOSIAL MELALUI PEMASARAN DIGITAL BAGI UMKM ES DAWET IRENG SUYONO

Main Article Content

Miguelltan
Bertrand Ferrari
Kevin Kwanda
Andi Ainul Qalby
Yasaceta Abditya Pratama Nugraha
Frangky Selamat

Abstract

The purpose of this activity is to develop Es Dawet Ireng Suyono SMEs in the digital era, so it is necessary to create a business that can compete with others, namely through digital marketing. The progress of MSMEs can be developed through the advancement of digital technology, namely social media. The implementation method uses the Participation Action Research (PAR) method which is accompanied by a participatory approach, which is then developed into an action. This activity produces digital content on social media which is expected to help market to the scope of social media in running a business, with social media it can develop marketing, range of buyers, and sales of MSME actors by applying the principle of two-way communication sales with consumers. The results of this study are to improve and develop social media promotion through digital marketing strategies for MSMEs Dawet Ireng Suyono.


 


Tujuan kegiatan ini adalah mengembangkan UMKM Es Dawet Ireng Suyono pada era digital, sehingga perlu menciptakan sebuah bisnis yang bisa berkompetisi dengan yang lain yaitu melalui pemasaran digital. Kemajuan UMKM dapat dikembangkan melalui adanya kemajuan teknologi digital yaitu media sosial. Metode pelaksanaan dengan melakukan metode Participation Action Research (PAR) yang dalam pelaksanaannya disertai dengan pendekatan partisipatif, yang selanjutnya dikembangkan menjadi sebuah aksi. Kegiatan ini menghasilkan sebuah konten digital di media sosial yang diharapkan dapat membantu memasarkan ke ruang lingkup sosial media dalam menjalankan sebuah usaha, dengan adanya media sosialdapat mengembangkan pemasaran, range pembeli, serta penjualan para pelaku UMKM dengan menerapkan prinsip penjualan komunikasi dua arah dengan para konsumen. Hasil dari pelaksanaan ini adalah meningkatkan dan mengembangkan promosi media sosial melalui strategi pemasaran digital untuk UMKM Dawet Ireng Suyono.

Article Details

Section
Articles