STRATEGI PROMOSI UNTUK MEMPERTAHANKAN PENJUALAN ES NELAYAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Wendy Bunandi
Valentino Michael
Nurul Afni
Justia De Silva
Mei Ie

Abstract

This study aims to determine the marketing strategy applied by the Es Nelayan SMEs during the Covid-19 pandemic. As we know, the world is experiencing a COVID-19 pandemic, including Indonesia. The appeal to prevent the chain of spreading this virus requires people to stay at home. In the midst of a pandemic like now, which has an impact on economic stability, a lot of businesses have suf ered losses, one of which is ice nelayam SMEs. The pandemic has changed many things, including the way we do business. In order to survive, businesses also need to adapt and change strategies, because this requires a strategy for MSMEs to survive and continue their business in the pandemic era. The research method used is quantitative analysis as a research instrument. Data collected through observations, interviews and documentation. The results of the study will provide several options that can be a strategy to survive in the midst of a pandemic. The problem in this study is how the marketing strategy is carried out by the Es Nelayan SMEs in maintaining sales in the midst of the Covid-19 pandemic, namely product strategies, af ordable prices, promotions and also making sales distribution so that consumers can still buy this Nelayan's Ice product. To develop and maintain the marketing strategy of the Ice Nelayan's SMEs, namely by maintaining and improving the quality and taste of the product, the price is af ordable, expanding its marketing targets and also promoting the product.


 


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan UMKM Es Nelayan selama masa pandemic Covid-19. Seperti yang kita ketahui, Dunia sedang mengalami Pandemic covid-19 termasuk Indonesia. Himbauan untuk mencegah mata rantai penyebaran virus ini mengharuskan masyarakat untuk berdiam diri dirumah. Di Tengah pandemi seperti sekarang, yang berdampak pada stabilitas ekonomi, banyak sekali usaha-usaha yang mengalami kerugian, salah satu nya adalah UMKM es nelayan. Pandemi telah mengubah banyak hal, termasuk cara berbisnis. Agar bisa bertahan, bisnis pun perlu beradaptasi dan mengubah strategi, karena ini dibutuhkan strategi untuk UMKM dapat bertahan dan melanjutkan bisnisnya di era pandemi. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kuantitatif sebagai instrumen penelitian. Data yang dikumpulkan melalui hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian akan memberikan beberapa pilihan yang dapat menjadi strategi bertahan di tengah pandemi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh UMKM Es Nelayan dalam mempertahankan penjualan di tengah pandemic Covid-19 yaitu strategi produk, harga terjangkau, promosi,dan juga membuat distribusi penjualan agar para konsumen tetap dapat membeli produk Es Nelayan ini. Untuk mengembangkan dan mempertahankan strategi pemasaran UMKM Es Nelayan ini yaitu dengan cara mempertahankan dan meningkatkan kualitas dan cita rasa dari produk, harganya terjangkau, memperluas sasaran pemasarannya dan juga melakukan promosi produk.

Article Details

Section
Articles