PENGARUH MEDIA DIGITAL DALAM BRANDING PENJUALAN MAKANAN DI MASA PANDEMI COVID 19

Main Article Content

Salma Adila Wijaya
Willy Tanupratala
Dmitrie Cristian Winata
Revi Mariska Ramadhany
Hetty Karunia

Abstract

Mpek-Mpek Yu Yeni Tangerang is a home-based pempek business that only produces one type of menu and does not provide variations to customers. But this business is only famous among those around them who sell and follow sales if there are bazaars. These mpek are made from nutritious ingredients, easy to process and most importantly use the main ingredient, namely mackerel. The existence of this business is also due to an invitation from a colleague to start a business and choose to sell Mpek-Mpek, this business started operating at the beginning of the pandemic which means this business has been running for quite a long time. However, this business has not experienced significant development due to the absence of an ef ective branding strategy. For example, there are no menu choices, very plain packaging and not environmentally friendly, there is no clear logo and brand. During operation, they only rely on word of mouth promotions among friends and family, and have not registered or introduced their products to social media or online platforms. These Mpek-Mpek have a taste that will be liked by the Indonesian people because it has the right and delicious taste. In the future, branding design is carried out to provide solutions to these problems. The design that will be made is expected to be able to build brand awareness in the community towards the Mpek-Mpek business through attractive and unique designs.


 


Mpek-Mpek Yu Yeni Tangerang ini merupakan usaha pempek rumahan yang hanya memproduksi satu jenis menu dan belum memberikan variasi kepada pelanggan. Tetapi usaha ini hanya terkenal di kalangan sekitar mereka jualan dan mengikuti juga penjualan jika ada bazar-bazar. Mpek-mpek Yu Yeni terbuat dari bahan utama ikan tenggiri yang bergizi, dan juga mudah diolah. Adanya usaha ini juga karena ajakan dari rekan untuk memulai bisnis dan memilih untuk menjual Mpek-Mpek, usaha ini mulai beroperasi pada saat awal pandemi yang artinya usaha ini sudah berjalan lumayan lama. Tetapi usaha ini belum mengalami perkembangan yang signifikan dikarenakan tidak adanya strategi branding yang efektif [3]. Seperti , belum adanya pilihan menu, kemasan yang sangat polos dan tidak ramah lingkungan, belum adanya logo dan brand yang jelas. Selama beroperasi mereka hanya mengandalkan promosi word of mouth di lingkungan teman dan keluarga, dan belum mendaftarkan ataupun mengenalkan produknya ke media sosial ataupun platform online. Mpek-Mpek ini memiliki rasa yang akan disukai dikalangan masyarakat Indonesia karena memiliki rasa yang pas dan nikmat. Untuk kedepannya perancangan branding dilakukan untuk memberikan solusi pada masalah tersebut. Perancangan yang akan dibuat ini sangat diharapkan bisa membangun brand awareness di masyarakat terhadap usaha Mpek-Mpek ini melalui perancangan desain yang menarik dan unik.

Article Details

Section
Articles