PERANAN MERCHANDISING DALAM ALOKASI PRODUK HASBRO DI PT MITRA ADIPERKASA TBK

Main Article Content

Della Angela
Keni Keni

Abstract

Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) by the Ministry of Education and Culture of the Republic of Indonesia offers a Certified Internship Program. The purpose of MBKM is to improve the competence of graduates, both soft skills and hard skills, to be more prepared and relevant to the needs of the times, preparing graduates as future leaders of the nation. In facing the development of the world of work, it is necessary for students to have superior soft skills and cognitive skills. To prepare students for the world of work, practical learning that can be done is an internship. One of the partner companies in the MBKM program is PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP). MAP is a lifestyle retailer in Indonesia with more than 2,600 outlets. MAP needs product management from the process of purchasing to allocating products to its stores, department stores, and online stores. This PKM is carried out to determine the role of Merchandising in the allocation of Hasbro products in all outlets of MAP. The method of measuring the result is through observation, semi-structured interviews, and documentation. It can be concluded that the role of Merchandising is important in realizing product allocation. The routine allocation and grouping system are useful for keeping the availability of goods at the time and place needed by consumers, displays, and increasing the variety of products.


 


Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) oleh Kemendikbudristek RI menawarkan Program Magang Bersertifikat. Tujuan MBKM adalah untuk meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills, agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian. Dalam menghadapi perkembangan dunia kerja diperlukan kemampuan soft skills dan cognitive skills yang unggul sedari dini. Untuk menyiapkan sumber daya yang unggul melalui dunia pendidikan, salah satu bentuk pembelajaran praktik yang dapat dilakukan adalah magang. Salah satu perusahaan yang ikut serta menjadi mitra dalam program MBKM adalah PT Mitra Adiperkasa Tbk. PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP) merupakan peritel gaya hidup high-end di Indonesia dengan lebih dari 2.600 gerai ritel. MAP membutuhkan manajemen produk yang baik mulai dari proses pembelian produk dari penyuplai hingga pengalokasian produk ke toko, department stores dan online stores miliknya. PKM ini dilakukan untuk mengetahui peranan merchandising dalam mewujudkan alokasi produk Hasbro di seluruh gerai ritel PT Mitra Adiperkasa Tbk. Metode pengukuran hasil kegiatan dilakukan melalui observasi, wawancara semi terstruktur, serta dokumentasi. Dari hasil kegiatan dapat disimpulkan bahwa peranan merchandising penting dalam mewujudkan alokasi produk. Sistem alokasi rutin dan grouping bermanfaat untuk mewujudkan ketersediaan barang pada waktu dan tempat yang dibutuhkan konsumen, memperindah display, dan memperbanyak variasi produk yang dapat dipilih konsumen.

Article Details

Section
Articles