PENERAPAN BALANCE SCORECARD SEBAGAI SARANA UNTUK MENINGKATKAN KINERJA KEUANGAN PADA PT FELIXINDO RUBBER BERKARYA

Main Article Content

Merry Susanti
Kezia Rebecca

Abstract

The problems faced by PT Felixindo Rubber Berkarya as a partner are the company's revenues and profits tend to fall, complaints from customers are starting to arise regarding service, there are several complaints about the quality of partner goods which are considered to be declining, many partner employees, especially those who are new, who do not or lack expertise or skills in rubber production, and many company employees work without understanding what the company's vision and mission are so that employees' attitudes and actions are often not optimal in providing services to customers. The community service team of the Faculty of Economics and Business majoring in Accounting, Universitas Tarumanagara offers a solution by suggesting companies to implement the Balanced Scorecard, which has four perspectives, where all these perspectives are interrelated, and the end result is to improve company performance. The specific objectives and targets to be achieved by holding this training are so that the problems that have been faced by the company can be overcome so that the company can improve the quality of the goods produced which will result in increased customer satisfaction and ultimately the company's performance can also increase. The training was conducted 3 times at the company's office, namely on September 10, 17, and 24, 2022. With the training and application of the 4 perspectives contained in the Balanced Scorecard, it is hoped that the company can overcome the problems it faces so that the company's financial performance will also improve.


 


Permasalahan yang dihadapi oleh PT Felixindo Rubber Berkarya sebagai mitra adalah pendapatan dan profit perusahaan yang cenderung turun, mulai timbul keluhan dari pelanggan terhadap pelayanan, terdapat beberapa keluhan terhadap mutu barang mitra yang dianggap menurun, banyak karyawan mitra terutama yang masih baru yang tidak atau kurang memiliki keahlian atau skill di produksi karet, dan banyak karyawan perusahaan yang bekerja tanpa memahami apa visi dan misi perusahaan sehingga seringkali sikap dan tindakan karyawan tidak maksimal dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Tim pengabdian kepada masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis jurusan Akuntansi Universitas Tarumanagara menawarkan solusi dengan menyarankan perusahaan untuk menerapkan Balance Scorecard, yang memiliki empat perspektif, dimana semua perspektif ini saling terkait dan hasil akhirnya adalah untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Tujuan serta target khusus yang hendak dicapai dengan diadakannya pelatihan ini adalah agar masalah yang selama ini dihadapi oleh perusahaan dapat diatasi sehingga perusahaan dapat meningkatkan mutu barang yang diproduksi yang akan mengakibatkan kepuasan pelanggan meningkat dan pada akhirnya kinerja perusahaan juga dapat meningkat. Pelatihan dilakukan sebanyak 3 kali di kantor perusahaan, yaitu pada tanggal 10, 17, dan 24 September 2022. Dengan adanya pelatihan dan penerapan 4 perspektif yang terdapat di dalam Balance Scorecard, diharapkan perusahaan dapat mengatasi permasalahan yang dihadapinya sehingga kinerja keuangan perusahaan juga akan meningkat.

Article Details

Section
Articles