PENDAMPINGAN PEMBUATAN VIDEO ANIMASI 2D SEBAGAI UPAYA MELESTARIKAN MANUSKRIP NUSANTARA

Main Article Content

Hastuti Retno Kuspiyah
Khusnatul Amaliah
Widayanti
Andrew Kurniawan
Ria Okatviana
Agung Fernanda

Abstract

The National Library of Indonesia Program has an important program that be achieved till 2022, likes caring and preservationing of all manuscripts, especially those in the Southeast Asian region. The form of manuscript preservation offered is the changing manuscript of media into digital (manuscript digitalization). The aim of this activity is to assist students in making 2D animated videos entitle "The Legend of Kemaro Island". The object of this activity is ninth grade student of SMP Muhammadiyah 2 Karang Tengah. There are two stages, namely 1) the education by practicing and training, and 2) the assistancing in making 2D animation videos. The result of the activity is that students can make 2D animated videos entitle "The Legend of Kemaro Island" through several stages including Education by Practice and Assistance in making 2D animation. The application used is Kinemaster. It shows that students have implemented digital literacy and honed student's creativity. Student creativity before the implementation of service with a moderate category of 50% when given a questionnaire. However, after being given mentoring students' creativity increased by 80% in the very good category. The results of the service products can be seen on the youtube video with the link https://www.youtube.com/watch?v=O_P3zBi0zWo. Suggestions for recommendations for further activities need to be carried out on other stories or legends to do digital literacy in maintaining archipelago manuscripts through 2D animation.


 


Program Perpustakaan Nasional Republik Indonesia memiliki program penting yang harus tercapai hingga tahun 2022 yaitu tentang perawatan dan pelestarian seluruh manuskrip khususnya yang berada di kawasan Asia Tenggara. Bentuk pelestarian manuskrip yang ditawarkan adalah alih media manuskrip ke dalam bentuk digital (digitalisasi manuskrip). Tujuan dari kegiatan ini untuk melakukan pendampingan kepada siswa dalam melakukan pembuatan video animasi 2D adapun judul yang di buat adalah “the Legend of Kemaro Island”. Pengabdian ini dilakukan pada siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Karang Tengah. Terdapat dua tahapan yang dilakukan, yaitu 1) edukasi dengan praktik dan pelatihan, dan 2) Pendampingan pembuatan video animasi 2D. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bahwa siswa mampu membuat video animasi 2D dengan judul “The Legend of Kemaro Island” melalui beberapa tahapan yang dilakukan diantaranya: Edukasi dengan Praktik dan Pendampingan pembuatan animasi 2D. Aplikasi yang digunakan adalah Kinemaster. Hal ini menunjukkan bahwa siswa telah menerapkan literasi digital dan mengasah kretivitas siswa. Kreativitas siswa sebelum pelaksanaan pengabdian dengan kategori sedang 50% saat diberikan kuesioner. Namun setelah diberikan pendampingan kreativitas siswa meningkat 80% dengan kategori sangat baik. Hasil produk pengabdian dapat dilihat pada video youtube dengan link https://www.youtube.com/watch?v=O_P3zBi0zWo. Saran rekomendasi untuk kegiatan selanjutnya perlu dilakukan pada cerita atau legenda yang lain untuk melakukan literasi digital dalam memelihara manuskrip nusantara melalui animasi 2D.

Article Details

Section
Articles