PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS APLIKASI DENGAN METODE COSTUMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA BARBERSHOP (STUDI KASUS: SIAN BARBERSHOP)

Main Article Content

Marsellinus Bachtiar
Edwin Steven Togar Marnaek

Abstract

Currently, technology is relevant to people's lives because people use technology daily for activities, work, transactions and various aspects of life. Information systems have an important role in everything, one of which is for economic growth and also helps provide information to the public easily. Sian Barbershop is engaged in shaving services and requires a good information system, because the most important business processes for Sian Barbershop are Online Booking and administration. The current problem is that Sian Barbershop still uses conventional methods and still uses written records. On the other hand, long queues are one of the factors that make online ordering systems important for customer convenience. The purpose of this writing and design is a new method where online booking will help customers shave their hair at Sian Barbershop and support existing business processes. The information system that will be designed using Adobe Xd is aimed at selling and attracting the attention of MSME customers. In the design methodology, the steps that need to be done in making this information system are mapping information needs, design and construction of information systems. The result of the design is that the information system application that has been designed and designed has fulfilled the booking function (in CRM) in accordance with the indicators that have been made. The design of this information system already has a usability factor where the information system is feasible and can also be implemented for these SMEs.

Saat ini teknologi menjadi hal yang relevan dengan kehidupan masyarakat karena keseharian masyarakat menggunakan teknologi untuk beraktifitas , bekerja , bertransaksi dan berbagai aspek hidup. Sistem informasi mempunyai peran penting dalam segala hal salah satunya untuk pertumbuhan ekonomi dan juga membantu memberikan informasi kepada masyarakat dengan mudah. Sian Barbershop bergerak di bidang jasa mencukur dan  membutuhkan sistem informasi yang baik, karena proses bisnis yang paling penting untuk Sian Barbershop adalah Booking Online dan administrasi. Permasalahan saat ini , Sian Barbershop masih menggunakan metode konvensional dan masih menggunakan catatan tertulis. Di sisi lain antrian yang cukup panjang menjadi salah satu faktor yang membuat sistem pemesanan daring menjadi penting bagi kenyamanan pelanggan.  Tujuan dari penulisan dan perancangan ini adalah metode baru dimana adanya bookingonline ini akan membantu para pelanggan mencukur rambut di Sian Barbershop dan  menunjang proses bisnis yang ada.  Sistem Informasi yang akan dirancang menggunakan Adobe Xd yang tertuju penjualan dan menarik perhatian costumer UMKM. Dalam Metodologi perancangan , tahap yang perlu dilakukan dalam membuat sistem informasi ini seperti adalah pemetaan kebutuhan informasi, desain dan konstruksi sistem informasi. Hasil dari perancangan adalah aplikasi sistem informasi yang sudah dirancang dan di desain sudah memenuhi fungsi booking (dalam CRM) sesuai dengan indikator yang sudah dibuat. Perancangan sistem informasi ini sudah memiliki faktor usability  dimana sistem informasi sudah layak dan juga bisa diimplementasikan ke UMKM ini.

Article Details

Section
Articles

References

Abrial, D. S. (2015). CNN Indonesia: Pria 'Haus' Tampil Gaya, Barbershop Menjamur. Diakses April 2017 dari https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20151213124019-277- 97868/pria-haus-tampil-gaya-barbershop-menjamur/

Anastasia, D., Setiawati L. (2011). Sistem Informasi Akuntansi, Perancangan, Prosedur dan Penerapan. Edisi 1. Andi Yogyakarta, Yogyakarta.

Andreani, F. (2009). “Customer Relationship Management (CRM) dan Aplikasinya dalam Industri Manufaktur dan Jasa”. Surabaya

Anna, L. K. (2017). Penghasilan Menjanjikan dari Bisnis Barbershop. Diakses dari Kompas Lifestyle http://lifestyle.kompas.com/read/2017/07/13/083300320/penghasilan- menjanjikan-dari-bisnis-barbershop

Aprilyani, J. (2017). Bisnis Barbershop Optimistis tumbuh 30%.. Diakses dari Kontan Mobile http://m.kontan.co.id/news/bisnis-barbershop- optimistis-tumbuh-30

Griffin, J. (2003). Customer Loyalty Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.

Kalakota, R., & Robinson, M. (2001). E-business 2.0: Roadmap for Success. Addison-Wesley Professional, Boston.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran . Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, P., Wong, V., Saunders, J., & Armstrong, G. (2005). Principles of Marketing. England: Pearson Prentice Hall.

Laudon, K. C., & Laudon , J. P. (2014). Management Information Systems Managing the Digital Firm. Essex: Pearson.

Payne, A. (2005). HANDBOOK OF CRM: Achieving Excellence in Customer Management.Oxford: Elsevier