PERANCANGAN ALAT UJI DEFLEKSI BATANG KANTILEVER FLEKSIBEL

Main Article Content

Ferli Adinata
Asnawi Lubis
Anang Ansyori
Tumpal Ojahan R

Abstract

Deflection is the change in shape experienced by the beam in the y direction due to the vertical loading applied to the beam or bar. Cantilever rods are if one end of the beam/rod is clamped and the other end is free. In this study, a flexible cantilever rod deflection test device was designed. This tool is used to determine the deflection/deflection that occurs in the beam/strip plate after being given a load. The method used is library research, a data collection method that is carried out by reading, studying, and researching the relevant literature with the title of this thesis which aims to collect data and analyze a theoretical understanding. This research will focus on designing and testing flexible cantilever rod deflection test equipment and utilizing beam/ strip plate as a test specimen for flexible cantilever rods. This tool has a height of 100 cm and a width of 90 cm and this tool is equipped with an HC-SR04 sensor which is directly connected to a digital number. The results of testing the strip plate with a load of 1 kg and 1.5 kg using the HC-SR04 sensor showed that the deflection at the smallest end was 20 mm, and the largest value was 30 mm. the theoretical calculation with equation (2-9) obtained the smallest result of 1.06 mm and the largest value of 3.5 mm.


Defleksi adalah perubahan bentuk yang dialami balok pada arah y akibat adanya pembebanan vertikal yang diberikan terhadap balok atau batang. Batang kantilever yaitu jika salah satu ujung balok/batang dijepit dan yang ujung lain bebas. Pada penelitian ini dirancang sebuah alat uji defleksi batang kantilever fleksibel alat ini difungsikan untuk menentukan lendutan/defleksi yang terjadi pada beam/plat strip setelah diberi beban. Metode yang digunakan yaitu dengan penelitian kepustakaan suatu metode pengumpulan data yang dilakukan secara membaca, mempelajari, dan meneliti literature-literature yang relevan dengan judul skripsi ini yang bertujuan untuk mengumpulkan data dan menganalisa suatu pengertian yang bersifat teoritis. Pada penelitian ini akan berfokus pada perancangan dan uji coba alat uji defleksi batang kantilever fleksibel dan memanfaatkan beam/plat strip sebagai bahan spesimen uji batang kantilever fleksibel. Alat ini mempunyai tinggi 100 cm dan lebar 90 cm dan alat ini dilengkapi dengan sensor HC-SR04 yang langsung terhubung dengan digital number. Hasil pengujian plat strip beban 1 kg, dan 1.5 kg menggunakan sensor HC-SR04 didapatkan hasil defleksi pada ujung yang terkecil yaitu 20 mm, dan pada nilai yang terbesar 30 mm. pada perhitungan secara teoritis dengan persamaan (2-9) didapatkan hasil terkecil 1.06 mm dan nilai yang terbesar 3.5 mm.

Article Details

Section
Articles

References

Abdie, S., (2012), Diktat Jenis Tumpuan, Kontruksi dan Pembebanan Universitas Dharma Persada, Jakarta.

Ajjie, S., (2016). Buku Mudah Belajar Mikrokontroller Dengan Arduino. https://www.academia.edu/11472322/Buku_mudah_belajar_mikrokontroller_dengan_arduino. (Diakses 20 april 2021)

Asyari, D. Y., (2010), Diktat Mekanika Kekuatan Material, Universitas Dharma Persada, Jakarta.

Bakshi, U. A. dan M. V. Bakshi. (2008). D.C. Machines and Transformes 1 st edition. Technical publications Pune: India.

B. gustomo. (2015). Pengenalan Arduino Dan Pemrogramannya, Bandung : Informatika Bandung.

Buku panduan penulisan Fakultas Teknik Universitas Malahayati Bandar Lampung, Pedoman Penulisan.

Gere, J. M., dan Timoshenko, S. P., (1997), MEKANIKA BAHAN, Edisi Kedua Versi SI, Jilid I , Erlangga, Jakarta

Ghali, A., M. Neville, A. (1997), Analisa Struktur Gabungan Metode Klasik dan Matriks. Erlangga, Jakarta

Giancoli, D. C., (2001), Fisika Jilid I (Terjemahan). Penerbit Erlangga, Jakarta.

Hikam, M. Dkk., (2005), Eksperimen Fisika Dasar Untuk Perguruan Tinggi, Jakarta, Kencana.

Munandar, A., (2012). Liquid Crystal Display (LCD) http://www.leselektronika.com/2012/06/liguid-crystal-display-lcd-16-x-2.html. (Diakses 20 april 2021)

Mustopa, (2007), Analisis Teoritis dan Eksperimental Lendutan Pada Batang Balok Sediempat Dengan Variasi Tumpuan, Universitas Tadulako, Palu.

Nugraha. K. F., (2016). Tugas Sensor Ultrasonic HC-SR04, Makalah, Teknik Elektro, Makasar.

Popov, E.P., Zainul Astamar, (1993), Mekanika Teknik (Terjemahan). Penerbit Erlangga, Jakarta

Singer, F. L., dan Andrew, P., Darwin Sebayang, (1995). Ilmu Kekuatan Bahan (Terjemahan). Penerbit Erlangga, Jakarta.