PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN KARTU SELULER TELKOMSEL MELALUI KEPUASAN PELANGGAN

Main Article Content

Muhammad Rikza Fauzi Syahmi
Rosali Sembiring Colia
Edi Warman

Abstract

This research is using a descriptive quantitative study that aims to see and analyze the influence of Price and Product Quality on Telkomsel Cellular Card Customer Loyalty through Customer Satisfaction. This study uses Telkomsel Cellular Card Customers in the South Jakarta Region as a sample. The sample selection technique in this study used a non-probability sampling technique with a simple random sampling technique, namely taking randomly part of the population without regard to other criteria so that part of the population entered the research sample and obtained as many as 100 respondents. Smart PLS 3.0 Software and Microsoft Office Excel software are used on the Hypothesis testing. The results obtained from the examiners are (1) There is a significant effect of Price on Customer Satisfaction, (2) There is a significant effect of Product Quality on Customer Satisfaction, (3) There is a significant effect of Price on Customer Loyalty through Customer Satisfaction, (4) There is a significant effect of Product Quality on Customer Loyalty through Customer Satisfaction, (5) There is a significant effect of Customer Satisfaction through Customer Loyalty. Price and Product Quality have a contribution of 50.9% to customer satisfaction. Price and Product Quality have a contribution of 66.6% to Customer Loyalty through Customer Satisfaction

 

 

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif yang digunakan untuk menganalisis serta mengetahui seberapa besar pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu Seluler Telkomsel melalui Kepuasan Pelanggan. Penelitian ini menggunakan Pelanggan Kartu Seluler Telkomsel di Wilayah Jakarta Selatan sebagai sampel. Teknik pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik nonprobability sampling dengan Teknik pengambilan simple random sampling yaitu pengambilan secara acak bagian populasi tanpa memperhatikan kriteria lain agar bagian populasi masuk menjadi sampel penelitian dan didapat sebanyak 100 Responden. Pengujian hipotesis yang digunakan yaitu Analisis menggunakan software SmartPLS 3.0 dan Microsoft Office Excel. Hasil yang diperoleh dari pengujian yaitu (1) Terdapat pengaruh signifikan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan (2) Terdapat pengaruh signifikan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan, (3) Terdapat pengaruh signifikan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan, (4) Terdapat pengaruh signifikan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan dan (5) Terdapat pengaruh signifikan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. Variabel Harga dan Kualitas Produk memiliki kontribusi sebesar 50,9% terhadap Kepuasan pelanggan. Variabel Harga dan Kualitas Produk memiliki kontribusi sebesar 66,6% terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan.

 

Article Details

Section
Articles

References

Andriani, C. E. (2020). Pengaruh Harga Paket Internet dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa).

APJII. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2020, 1–146. https://apjii.or.id/survei

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran (13th ed.). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management Global Edition (Vol. 15E). https://www.academia.edu/34621802/Kotler_and_Keller_Marketing_Management_15th_Global_Ed._2016_

Lestari, S. (2019). Pengaruh kualitas produk, strategi harga dan inovasi produk terhadap loyalitas pelanggan telkomsel pada pengunjung grapari telkomsel Bekasi. 1.

Muhammad, H., Rohaeni, H., & Yuliana, W. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Telkomsel. Jurnal Sains Manajemen, Vol. 2 No. 1 Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya, 7(2), 37–44.

Nopriani, Y. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image Telkomsel Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah Palembang.

Novandy, M. I., & Rastini, N. M. (2018). Peran Kepuasan Pelanggan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus : Usaha Ekspedisi Tiki Di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(1), 412–440.

Nugroho, E. (2018). Prinsip-Prinsip Menyusun Kuisioner. Universitas Brawijaya Press.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (1st ed.). Literasi Media Publishing.

Suryani, .., & Hendryadi, . (2015). Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. PRENADAMEDIA GROUP.

Tjiptono, F. (2012a). Service Manajemen, Mewujudkan Layanan Prima. CV. Andi Offset.

Tjiptono, F. (2012b). Strategi Pemasaran. CV. Andi Offset.

Winarno, S.H., Givan, B., Yudhistira, (2018). Faktor-Faktor Penentu Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat IM3 Ooredoo. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah Vol 1 No 2, Juni 2018 E-ISSN : 2599-3410 | P-ISSN :4321-1234, 1(2),1-7