MENGAJAR MATEMATIKA TRIGONOMETRI DAN PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI DI SMA TARAKANITA CITRA RAYA

Main Article Content

Tri Sutrisno
Muhammad Choirul Imam
Michael Nathan
Luthfi Arifandi

Abstract

The Covid-19 pandemic has changed the world of education, the learning process in schools cannot be carried out, everything has turned to distance learning, face-to-face interactions have turned virtual, learning tools and media rely on technology. When a pandemic condition occurs for a long time, boredom and fatigue can no longer be avoided, then motivation and enthusiasm for learning become the main concern. Therefore, SMA Tarakanita Citra Raya seeks to present a different learning experience from the usual by creating a “Guest Teacher” program, one of which is inviting lecturers to teach. Mathematics is a subject that is not liked by most students, this happens also at SMA Tarakanita Citra Raya for mathematics subjects, especially on the subject of Trigonometry. Therefore, problem solving is done by offering community service by teaching mathematics. This activity aims to provide new experiences for students and make students more interested in learning mathematics, especially Trigonometry. The method used is Brain Based Learning which is emphasized at the Student Center and provides an explanation of the basic concepts of the origin of trigonometric formulas and their application in daily life in various fields of disciplines so that students become more interested, students' motivation to learn is increasing. This is shown by the large number of participants who exceed the zoom capacity, so that at the beginning of the event, there were a few technical problems. However, overall the planned program was carried out smoothly. In addition to students being more interested, students' reasoning and thinking processes are increasing. This is indicated by the number of students who are enthusiastic about asking questions and conveying their experience findings that are in accordance with the implementation of trigonometric concepts.


Pandemi Covid 19 telah mengubah dunia Pendidikan, proses pembelajaran di sekolah tidak dapat dilaksanakan, semua beralih ke pembelajaran jarak jauh, interaksi tatap muka berubah menjadi virtual, alat dan media belajar mengandalkan teknologi. Saat dimana kondisi pandemic terjadi dalam kurun waktu yang lama, kebosanan dan kelelahan tak lagi dapat dihindarkan, maka motivasi dan semangat belajar menjadi pokok perhatian. Oleh sebab itu, SMA Tarakanita Citra Raya berupaya menghadirkan pengalaman belajar berbeda dari biasanya dengan membuat program “Guru Tamu” salah satunya menghadirkan dosen untuk mengajar. Matematika merupakan pelajaran yang  tidak disukai oleh sebagian besar siswa, hal ini terjadi juga di SMA Tarakanita Citra Raya untuk mata pelajaran matematika khususnya pada pokok bahasan Trigonometri. Oleh karena itu penyelesaian permasalahan dilakukan dengan cara menawarkan pengabdian kepada masyarakat dengan mengajar matematika. Kegiatan ini bertujuan memberikan pengalaman baru bagi siswa dan membuat siswa menjadi lebih tertarik belajar matematika khususnya Trigonometri. Metode yang digunakan adalah pembelajaran Brain Based Learning ditekankan pada Student Center dan memaparkan penjelasan mengenai konsep dasar asal mula rumus trigonometri dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari diberbagai bidang disiplin ilmu sehingga membuat siswa menjadi lebih tertarik, motivasi belajar siswa semakin meningkat. Hal ini ditunjukkan banyaknya jumlah peserta yang melebihi kapasitas zoom sehingga diawal mau dimulainya acara ini sempat ada sedikit kendala teknis. Tetapi, secara keseluruhan program yang direncanakan dapat terlaksana semua dengan lancar. Selain siswa lebih tertarik, penalaran dan proses berpikir siswa semakin meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang antusias bertanya dan menyampaikan temuan pengalamannya yang sesuai dengan implementasi konsep trigonometri.

Article Details

Section
Articles

References

Agustina, L. Roesdiana, L. dan Imami, I.A. 2018. Implementasi Model Brain Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. 13 September 2019, Tangerang, Indonesia. pp.410 - 424

Gumilang, A. 2016. Keefektifan Pendekatan Brain Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMA Kelas X. Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.

Lestari, A. Rahayu, W. dan Sampoerno, D.P. 2021. Pengaruh Model Brain Based Learning Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA ditinjau dari Self Regulated Learning. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah. 5 (1): 28 – 37.

Prastuti, D.E. Mardiyana dan Pambudi, D. 2019. Penerapan Model Brain Based Learning (BBL) Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Ketuntasan dan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika SOLUSI. 3 (1): 10 – 18.

Purnamawati. 2018. Pembelajaran Matematika dengan Strategi Brain Based Learning dan Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Siswa. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sukoco, H dan Mahmudi, A. 2016. Pengaruh Pendekatan Brain Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMA. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. 11 (1): 11 – 24.

Sulyono, K. 2008. Pembelajaran Trigonometri SMA. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika. Yogyakarta.Indonesia

Syarah, S.P . 2011. IM-1 Intisari Matematika 1 untuk SMA/MA Kelas X. Andi . Yogyakarta. Indonesia.

Syarah, S.P . 2011. IM-2 Intisari Matematika 2 untuk SMA/MA Kelas XI. Andi . Yogyakarta. Indonesia.

Tampomas H. 2007. Seribu Pena Matematika untuk SMA/MA Kelas XI. Erlangga. Jakarta. Indonesia.