PENINGKATAN TATA KELOLA MAJALAH SEKOLAH SMAK IPEKA TOMANG

Main Article Content

Anny Valentina
Ruby Chrissandy

Abstract

This a continuation community service activity to develop and manage the publication of the IPEKA SMA magazine (KEPO e-Magazine). Magazine as one of the traditional communication media that still become one of a preferable communication medium. Magazines derive from the specialization of their contents can be divided into several categories, one of which is school magazines. This activity also support magazine as a school communication medium and fulfill the School Literacy Movement (GLS) program through appropriate communication methods and are of interest to readers. After coaching with some materials of magazine management, structure, design, publication, editorial and marketing will follow by review and evaluation that held on for the newly formed Magazine Editorial Team. This activity tries to find out more information of any improvement and difficulties faced by the Editorial Team in between producing the e-magazine. This activity involves the ArtMAX magazine team, a magazine published by FSRD UNTAR, and will be carried out in 3 stages (online training, review, and evaluation). In addition, it is also necessary to conduct a review and evaluation of the readers of the e-magazine, to find out more about the reader's views on all the elements of the e-magazine that have been published. As a result, many improvements can be made and so that delivering information process can be conveyed with attractive visuals.


Kegiatan pengabdian ini merupakan kegiatan lanjutan dari kegiatan pengabdian pembinaan dan tata kelola penerbitan majalah SMA IPEKA yang diberi nama KEPO e-Magazine. Majalah sebagai salah satu media komunikasi tradisional yang hingga saat ini masih menjadi media komunikasi yang dipilih. Majalah dilihat dari pengkhususan isinya bisa dibedakan atas beberapa kategori, salah satunya adalah Majalah sekolah. Kegiatan ini juga mendukung upaya Membangun Majalah Sebagai Media Komunikasi Sekolah dan memenuhi program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) melalui cara komunikasi yang sesuai dan diminati oleh pembaca. Setelah dilakukan pembinaan dengan materi berupa tata kelola majalah, struktural, desain, publikasi, editorial dan marketing, pada tahap selanjutnya, diadakan review dan evaluasi secara keseluruhan dari Tim Redaksi Majalah yang baru dibentuk. Guna mencari tahu lebih lanjut jika ada kesulitan yang dihadapi oleh Tim Redaksi saat memproduksi e-magazine tersebut. Kegiatan ini melibatkan tim majalah ArtMAX, majalah yang diterbitkan oleh FSRD UNTAR dan akan dilakukan dalam 3 tahap (pelatihan daring, review dan evaluasi). Selain itu, juga perlu diadakan review dan evaluasi kepada para pembaca e-magazine, guna mencari tahu lebih lanjut pandangan pembaca terhadap semua unsur e-magazine yang sudah diterbitkan. Hasil dari review dan evaluasi ini dapat dijadikan landasan untuk melakukan perbaikan dan juga peningkatan hasil majalah ke depannya. Sehingga penyampaian informasi bisa tersampaikan dengan lebih baik dengan visual yang menarik.


Article Details

Section
Articles

References

Arifiani, Faradina. 2013. Pengembangan Majalah Sekolah sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Laboratorium UM. SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM

Diyanti, Kadek Risma; Wendra, I Wayan & Tantri, Ade Asih Susiari. (2021) Pembinaan Majalah Sekolah Gempita Esaba dan Relevansi Terhadap Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Bangli. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol 11, No 2,

-259. http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v11i2.36175 https://kbbi.web.id/majalah diakses 10 Februari 2021

Nurasiah Hasanah, Program Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa SMA Negeri 8 Yogyakarta. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017.h.5.

Rustan, S. (2014). Layout Dasar dan Penerapannya. Jakarta: Gramedia.

Sutherland, R., & Barb, K. (2004). Graphic Designer's Color Handbook. Rockpot Publisher.

Utami, Santi Pratiwi Tri & Syaifudin, Ahmad. (2011) Pelatihan Penyuntingan Bahasa Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Majalah Sekolah Pada Anggota Forum Majalah Sekolah Se-Surakarta (Formasta). Jurnal Abdimas, Vol 15, No.2, 88-95.

https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/abdimas/article/view/9898/0

Valentina, Anny & Chrissandy Rubby, Pembinaan Tata Kelola Desain Majalah Sebagai Upaya Membangun Majalah Sebagai Media Komunikasi Sekolah. Prosiding Seri Seminar Nasional (Serina) 2021, Universitas Tarumanagara Jakarta