UPAYA PENGEMBANGAN KURIKULUM KEWIRAUSAHAAN DARI UNIVERSITAS TARUMANAGARA KEPADA PESERTA DIDIK SMA DON BOSCO PADANG, SUMATERA BARAT

Main Article Content

Lina Gozali
Felita Yulianti
Melynia Novita Pratama
Natalia Velony Putri
Poppy Fransiska
Martinus Kiwan

Abstract

It is important to maintain or increase company profits as a goal that the company must continuously achieve.  Businesses are usually activated in increasing company profits obtain and guide consumers and always dominate  the existing market. In the concept of sales, the emphasis is on the seller's needs, which means that the focus of  activities is to sell goods and services only. This old concept is implemented for products that are not favorites. In  this case, the seller's goal is to sell what they can produce rather than make the products and services that  customers want because it takes extra hard effort to obtain sales results intended to achieve the goal. The form  chosen during the implementation of Inquiry Learning and Problem Based Learning where students were trained in  almost 2 hours to understand business problems in mathematical calculations and there was training in answering  calculation and theory questions. Management ability is also based on mathematical analysis of the simple models  of the problems. From data collection and data processing, conclusions can be drawn to understand the pattern of  consumer demand. This action helps startups understand the pattern of consumer demand in fulfilling customer  satisfaction.



Penting untuk bisa mempertahankan atau meningkatkan laba perusahaan sebagai tujuan yang harus terus dicapai  oleh perusahaan. Usaha yang biasanya digiatkan dalam peningkatan keuntungan perusahaan yaitu memperoleh  dan membimbing konsumen serta kemampuan untuk selalu menguasai pasar yang ada. Dalam konsep penjualan  lebih ditekankan untuk kebutuhan penjual yang berarti fokus kegiatas adalah untuk menjual barang dan jasa  semata. Konsep lama ini dilaksanakan untuk produk-produk yang tidak favorit. Dalam kasus ini, tujuan penjual  hanya untuk menjual apa yang mampu mereka produksi daripada mampu membuat produk dan jasa yang benar benar diinginkan oleh pelanggan. Karena itu dibutuhkan usaha extra keras untuk memperoleh hasil penjualan yang  dimaksudkan untuk mencapai tujuan. Bentuk yang dipilih pada saat pelaksanaan Inquiry Learning dan Problem  Based Learning dimana para siswa peserta didik dilatih dalam kurun waktu hampir 2 jam untuk mengerti  problematika bisnis dalam perhitungan matematika dan ada pelatihan mejawab soal-soal perhitungan dan teori.  Kemampuan manajemen sebenarnya juga dilandasi oleh analisa matematis dari model atau problematika yang  sederhana. Dari pengumpulan data dan pengolahan data dapat diambil kesimpulan untuk mengerti pola atau  pattern dari permintaan konsumen yang terjadi. Hal ini membantu para startup mengerti pola dari permintaan  konsumen dalam pemenuhan kepuasan konsumen tersebut. 


Article Details

Section
Articles

References

Edelson, D. C., Gordin, D. N., & Pea, R. D. (1999). Addressing the challenges of inquiry-based learning through technology and curriculum design. Journal of the learning sciences, 8(3-4), 391-450.

Gitosudarmo, I. (2008). Marketing management. Yogyakarta: BPFE.

Gozali, L., Daywin, F. J., Doaly, C. O., & Laricha, L. “Pelatihan Kewirausahaan Kepada Siswa SMK Triguna (bidang keahlian “bisnis manajemen” di Jakarta Selatan).

Hayani, N. (2012). Manajemen Pemasaran Bagi Pendidikan Ekonomi.

Indriyo, G. (2008). Manajemen Pemasaran, edisi kedua, cetakan pertama. Penerbit: BPFE, Yogyakarta.

Krajcik, J. S., & Blumenfeld, P. C. (2006). Project-based learning (pp. 317-34). na. Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Concepto de marketing. Naucalpan de Juárez: Pearson. Lefrancois, G.R. 1986. Psikologi untuk Mengajar, Alih Bahasa oleh NA Ametembun. IKIP: Bandung.

Makridakis. (1993). Metode dan Aplikasi Peramalan. Jakarta: Bina Aksara.

McCarthy dan Perreault, Intisari Pemasaran Sebuah Ancangan Manajerial Global, Jakarta:Binarupa Aksara, Edisi 6, Jilid 1, 1995, h. 4.

Sofjan, A. (2007). Manajemen Pemasaran: Dasar Konsep & Strategi.

Stanton, A. (1995). Prinsip-Prinsip Manajemen Pemasaran.

Erlangga. Jakarta. Sunyoto, D. (2012). Dasar-dasar manajemen pemasaran. Yogyakarta: Caps. Umar, H. (2002). Metode riset bisnis: panduan mahasiswa untuk melaksanakan riset dilengkapi

contoh proposal dan hasil riset bidang manajemen dan akuntansi. Gramedia Pustaka Utama.

Wood, D. F. (2003). Problem-based learning. Bmj, 326(7384), 328-330.