EVALUASI TERHADAP FASILITAS PARKIR MOBIL DI BANDARA HALIM PERDANAKUSUMA UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PENGGUNA

Main Article Content

Ni Luh Putu Shinta Eka Setyarini
Dewi Linggasari
Aniek Prihatiningsih
Rakhmat Thabroni

Abstract

Airport parking became one of the most serious problems due to the high usage of private vehicles in airport activities. This has made a demand for parking facilities to provide a better service. There are several parameters that was the foundation of this research. For the Customer Satisfaction Index (CSI), the result shows that the user was very satisfied with the performance and facilities that was given by the airport authorities. Whereas the field observation result shows that there are several points that needed to be fixed such as pedestrian that supposed to accommodate the visually impaired persons, parking arrangements, trolley arrangements, etc. In this research, design will be made based on the recommendation that was given in research on the user feedback to the parking facilities in Halim Perdanakusuma airport


Permasalahan parkir di Bandara diakibatkan oleh Sebagian besar calon penumpang menuju  dan Kembali dari Bandara menggunakan kendaraan pribadi, yang  mewajibkan pengelola parkir untuk dapat selalu memberkan pelayanan yang baik. Pada penelitian yang menjadi dasar dilaksanakannya Pengabdian Kepada Masyarakat ini, untuk kepuasan pengguna (CSI) diperoleh hasil bahwa pengguna merasa sangat puas terhadap kinerja dan fasilitas yang diberikan oleh pihak bandara. Sedangkan pada hasil dari metode observasi lapangan terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki antara lain pedestrian yang mengakomodasi para penyandang disabilitas tunanetra, pengaturan parkir, penataan troli dll. Pada pengabdian masyarakat ini akan membantu pihak pengelola  membuat perancangan yang sesui dengan rekomendasi penanganan yang diperoleh dari pengguna terhadap fasilitas taman parkir di Bandara Halim Perdanakusuma.

Article Details

Section
Articles

References

Abubakar, I., Sinaga, E. A., Budiarso, Sinulingga, T., Agung, T. G., Sembiring, N., . . . Sutiono, E. (1998). Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir. Jakarta: Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas Angkutan Kota dan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. http://hubdat.dephub.go.id/spesial-konten/pustaka/literatur/transport-umum/514-pedoman-perencanaan-dan-pengoperasian-fasilitas-parkir/download.

Ardi, S. & Dewanti (2019). Penataan Fasilitas Parkir Terimnal Penumpang Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada. http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/168669

Brierley, J. (1972). Parking of Motor Vehicles. London: Applied Science Publishers Limited.

Budd, L., Ison, S., & Budd, T. (2013) An Empirical Examination of the Growing Phenomenon of Off-site Residential Car Parking Provilion: The Situation at UK Airports. Transportation Research Part A: Policy and Practice, 54, 26-34. http://dx.doi.org/10.1016/j.tra.2013.07.006

Chaniotakis, E. (2014). Parking Behavioural and Assignment Modelling: Methodology and application for the evaluation of Smart Parking applications: Delft University of Techonology.https://www.semanticscholar.org/paper/Parking-Behavioural-and-Assignment-Modelling%3A-and Chaniotakis/7b9da17371830c9e731402529855f9ae929979b1

Christiansen, P., Engebretsen, Ø., Fearnley, N., & Hanssen, J. U. (2016). Parking facilities and the built environment: Impacts on travel behaviour. Transportation Research Part A: Policy and Practice, 95, 198-206. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0965856416301525

Dewi, C.K. & Setyarini, NLPSE. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Fasilitas Parkir Mobil Mall Puri Indah. Jurnal Mitra Teknik Sipil, 3 (3), 659-670. http://dx.doi.org/10.24912/jmts.v3i3.8386

Dinas Perhubungan DKI Jakarta. (2019, Maret 21). Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis Kendaraan (unit) di Provinsi DKI Jakarta 2018-2020. Diakses dari https://jakarta.bps.go.id/indicator/17/786/1/jumlah-kendaraan-bermotor-menurut-jenis kendaraan-unit-di-provinsi-dki-jakarta.html 13 Februari 2021.

Ilosa, A. (2016). Kualitas Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum Kota Yogyakarta. Jurnal Natapradja, 4 (2), 107-126. https://doi.org/10.21831/jnp.v4i2.12619

Jocunda, S. (2014). Karakteristik Ruang Parkir di Pusat Perbelanjaan Jalan Tanjungpura Kota Pontianak. Jurnal Arsitektur, 1 (1), 155-162. http://dx.doi.org/10.26418/lantang.v1i1.18806

Kotler, P. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.

Lee, J., Agdas, D., & Baker, D. (2017). Cruising for parking: New empirical evidence and influential factors on cruising time. Journal of Transport and Land Use, 10 (1), 931-943. https://doi.org/10.5198/jtlu.2017.1142

Mingardo, G. (2016). Articles on Parking Policy: Delft University of Techonology. https://www.verkeerskunde.nl/Uploads/2016/11/ProefschriftGiulianoMingardo.pdf

Muzakir, A. (2014) Evaluasi Kapasitas dan Penataan Ruang Parkir Rumah. Skripsi Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 54, 26-34. http://dx.doi.org/10.1016/j.tra.2013.07.006

Muzakir, A. (2014). Evaluasi Kapasitas dan Penataan Ruang Parkir Rumah. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya. http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5128.

Ngo, V. M. (2018). Measuring Customer Satisfaction: A Literature Review. Proceedings of the 7th International Scientific Conference Finance and Performance of Firms in Science, Education and Practice, 1637-1654. https://www.researchgate.net/publication/318827962_MEASURING_CUSTOMER_SATISFACTION_A_LITERATURE_REVIEW

Putri, G. A., Suthanaya, A. P. , Ariawan, A. M. (2017). Analisis Karakteristik dan Kebutuhan Parkir di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali. Jurnal Spektran, 5 (2), 155-162. https://ojs.unud.ac.id/index.php/jsn/article/view/32938

Republik Indonesia (2018) Peraturan Pemerintah No. 2 Tentang Standar Pelayanan Minimal

Sunyoto, D. (2013). Teori, kuesioner & analisis data untuk pemasaran dan perilaku konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.