PEMBERDAYAAN CIVITAS AKADEMIKA PERGURUAN TINGGI UNTUK MEMBERIKAN SANTUNAN KE PANTI ASUHAN DI JAKARTA

Main Article Content

Richard Andrew
Michelle Claudia

Abstract

Today, many things human can do to help others, especially those who are closed to us in our routine life.  Giving some help is simple, from just giving a small amount of money to giving two day one night experience in a lifetime.  Every cherishes from those thousands of people who live in a small room, reflect our life now, and we hope it is over by the time we normalize our life again.  We feel the same thing when the pandemic hit Jakarta last year.  We hope it will never come back again in the future or at least our future.  The aim of this article is to deliver the same message to our board in our educational institution to focus not only in the intelligent development but also on creating the passion for helping other human get their best moment of their live.  For the method, we are using indirect promotion to classes by using a small set of messages.  Yet, we believe this is aligned with our personal integrity and professionalism in our daily activities as lecturer and higher education student.  As a result, we hope that at the right time, we might see their cherish smile after they have their happy moment.


Saat ini manusia dapat menolong satu dengan yang lain terutama mereka yang dekat dalam kehidupan sehari – hari.  Membeli pertolongan kepada orang lain adalah sesuatu yang sederhana, bisa dimulai dari memberikan sejumlah kecil uang sampai dengan memberikan pengalaman istimewa seumur hidup yang terjadi dalam dua hari dan satu malam.  Setelah hampir dua tahun kita merasakan hidup dalam dunia yang relatif hanya sebesar kamar seperti halnya saudara kita yang tinggal di panti, sebentar lagi kita akan merasakan kebahagiaan kembali saat semua kembali normal.  Kita berharap hal yang terjadi di masa lalu ini, tidak terjadi lagi di masa mendatang, atau paling tidak tidak terjadi pada kita dan orang disekitar kita.  Tujuan dari artikel ini adalah untuk mencoba menyampaikan pesan yang sama dalam institusi pendidikan untuk tidak hanya berfokus pada pengembangan intelektual tetapi juga menciptakan hasrat untuk menolong sesama manusia untuk memberikan momen terbaik dalam hidup mereka.  Untuk metode yang digunakan, kami ingin mencoba promosi tidak langsung untuk kelas – kelas menggunakan sejumlah pesan – pesan inti.  Kami percaya, hal ini sejalan dengan integritas dan profesionalitas kami dalam menjalankan aktivitas sehari – hari baik sebagai tenaga pendidik ataupun peserta didik.  Sebagai kesimpulan, kami berharap pada waktu yang tepat kami dapat kembali melihat senyum dari banyak orang setelah mereka kembali mendapatkan momen terbaik dalam hidup mereka.

Article Details

Section
Articles

References

Andrew, R., Hastuti, R. T. & Claudia, M. (2021). Inovasi Pengelolaan Donasi untuk Percepatan Penyaluran Bantuan kepada Panti Asuhan. Proceeding SERINA 2021, 2, 914-922.

Clemens, E. V., Helm, H. M., Myers, K., Thomas, C., & Tis, M. (2017). The Voices of Youth Formerly in Foster Care: Perspectives on Educational Attainment Gaps. Children and Youth Services Review, 79, 65-77.

Haryanti, K, Reynaldi, E. T., Hapsari, W., Fera, P. L. & Wijiasih, S. P. P. (2020). Efektivitas Pelatihan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kepercayaan Diri Dan Harga Diri Pada Remaja Panti Asuhan. Efektivitas Pelatihan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kepercayaan Diri Dan Harga Diri Pada Remaja Panti Asuhan, 1(1), 49-62.

Humiati, H., & Budiarti, D. (2020). Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia. JMM-Jurnal Masyarakat Merdeka, 3(1), 1-7.

Nafisah, A., Hendriyani, R., & Martiarini, N. (2018). Hubungan antara Dukungan Keluarga dengan Self Compassion Remaja di Panti Asuhan. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 10(2), 160-166.

Oktarianita, O., Nurhayati, N., & Amin, M. (2021). Edukasi Kesehatan Remaja di Panti Asuhan Bintang terampil Kota Bengkulu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 4(2), 564-573.

Piran, A. Y. A., Yuliwar, R., & Ka’arayeno, A. J. (2017). Hubungan antara Penerimaan Diri dengan Kepercayaan Diri dalam Interaksi Sosial pada Remaja Penyandang Cacat Fisik di Panti Asuhan Bhakti Luhur Kecamatan Sukun Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 2(1), 578-597.

Somantri, A., & Rifai, A. (2021). Pola Pendidikan Moral di Panti Asuhan. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3(1), 70-80.