PENINGKATAN KESADARAN ‘SINDROM SARANG KOSONG’: MENJEMBATANI KESENJANGAN ORANG TUA DENGAN REMAJA

Main Article Content

Anastasia Dina Renata
Clarissa Febiola Pangestu
Etheldreda Videntes Stellam Hermawan
Kelsent Jusan
Vanissa Thalia
Yohana Ratrin Hestyanti

Abstract

As parents reach the age of middle adults, they enter the empty nest phase when their children start moving out and living independently. During this phase, parents who show maladaptive responses towards the situation suffer from empty nest syndrome.  Additionally, their physical and mental state can deteriorate, so it is important to take precautions. With the support of intimate family members, parents could take preventive measures to avert empty nest syndrome. Hence, this study program uses a nine-minute psychoeducation video posted on Youtube to educate families about empty nest syndrome so they can learn to take the correct action to cope. The data were acquired from two sets of surveys given to 45-65 years old parents and 18-25 years old emerging adults. Our initial survey was filled by 67 emerging adults and 75 middle adults. Then, our evaluation survey was filled by 51 emerging adults and 39 middle adults. We chose the descriptive research method to analyze our data from the surveys. During the project, we compared participants’ knowledge before and after they watched the psychoeducation video we provided. Our findings showed 100% emerging adults and 95% adults realize the urgency to be prepared in coping with empty nest syndrome. Other than that, another 90% of our total participants were able to define and identify symptoms of the syndrome. Not only that, they are also knowledgeable about the correct coping methods and understand the roles children could fill in order to help their parents. Therefore, we concluded that the video is an effective medium to increase participants’ awareness towards empty nest syndrome. Furthermore, research participants also successfully learn ways to treat and prevent the syndrome.


Pada usia dewasa madya, orang tua memasuki fase sarang kosong yang terjadi ketika anak-anak meninggalkan rumah dan hidup mandiri secara permanen. Pada fase ini, orang tua dapat menunjukkan respon maladaptif yang disebut sindrom sarang kosong. Sindrom tersebut dapat berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan psikologis orang tua sehingga perlu dicegah. Langkah pencegahan yang dilakukan orang tua sebaiknya diikuti dengan dukungan anak atau anggota keluarga yang lain. Maka dari itu, program  ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran orang tua dan remaja mengenai berbagai aspek sindrom sarang kosong. Kami memberikan video berdurasi sembilan menit melalui media Youtube yang disebarkan lewat sosial media. Kami melakukan pengambilan data dengan survei awal dan akhir yang diberikan pada orang tua dewasa madya berusia 45-65 tahun dan remaja yang berusia 18-25 tahun. Survei awal kami diisi oleh 67 remaja dan 75 dewasa madya sedangkan survei akhir diisi oleh 51 remaja dan 39 dewasa madya. Metode analisis yang kami gunakan adalah statistik deskriptif. Kami membandingkan pengetahuan sindrom sarang kosong 40 responden yang mengikuti seluruh rangkaian survei sebelum dan sesudah mereka menonton video psikoedukasi kami. Setelah menonton video psikoedukasi kami, kami menemukan bahwa 100% remaja dan 95% dewasa madya menyadari kebutuhan persiapan diri untuk menghadapi fase ini dan dampaknya bagi keluarga. Selain itu, 90% responden dapat memahami definisi, ciri gejala, cara penanganan, dan peran remaja terkait sindrom sarang kosong. Kami menyimpulkan bahwa video psikoedukasi dapat meningkatkan kesadaran orang tua dan remaja mengenai berbagai aspek sindrom sarang kosong.

Article Details

Section
Articles

References

Akmalah, N. (2014). Psychological Well-being pada Ibu Usia Dewasa Madya yang Berada pada Fase Sangkar Kosong. Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi, 3(2), 87-95.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Badan Pusat Statistik, & United Nation Fund for Population Activities. (2013). Proyeksi Penduduk Indonesia 2010-2035. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Champ, L. (2020, September 22). Empty nest syndrome: How to cope when your children leave home. Diakses dari https://www.netdoctor.co.uk/parenting/a11692/empty-nest-syndrome/.

Darmayanthi, N. & Lestari, M. D. (2019). Proses Penyesuaian Diri pada Perempuan Usia Dewasa Madya yang berada pada Fase Sarang Kosong. Jurnal Psikologi Udayana, 68-78. https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/47151

Gunarsa, S. D. (2004). Bunga Rampai Psikologi Perkembangan: Dari Anak Sampai Usia Lanjut. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Harususilo, Y. E. (2019, April 8). Indonesia urutan ke-22 dunia terbanyak mengirim siswa ke luar negeri. Diakses dari https://edukasi.kompas.com/read/2019/04/08/17202111/indonesia-urutan-ke-22-dunia-terbanyak-mengirim-siswa-ke-luar-negeri.

Kail, R. V., & Cavanaugh, J. C. (2018). Human Development: A Life-Span View, 8th ed, Boston: Cengage Learning.

Kemp, S. (2019, January 31). Digital 2019: Indonesia. Diakses dari https://datareportal.com/reports/digital-2019-indonesia.

Mitchell, B. A., & Lovegreen, L. D. (2009). The empty nest syndrome in midlife families: A multimethod exploration of parental gender differences and cultural dynamics. Journal of family issues, 30, 1651-1670.

Peterson, B. E. (2002). Longitudinal analysis of midlife generativity, intergenerational roles, and caregiving. Psychology and Aging, 17(1), 161–168.

Raup, J. L., & Myers, J. E. (1989). The empty nest syndrome: Myth or reality?. Journal of counseling & development, 68(2), 180-183.

Rothrauff, T., & Cooney, T. M. (2008). The role of generativity in psychological well-being: Does it differ for childless adults and parents?. Journal of adult development, 14(3), 148-159. Springer Verlag

Widyaningrum, B., (2020). “Faktor-faktor kesepian pada ibu rumah tangga yang mengalami sindrom sarang kosong”. Skripsi. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata.