PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BAGI GURU DI ERA PENDIDIKAN JARAK JAUH

Main Article Content

Muhammad Rif’an
Ermi Media's
Aulia Sabrina
Siska Lestari

Abstract

In the Covid-19 pandemic era, learning is done through distance or online learning and to manage online learning needs to be supported by the learning management system. Online learning media is one of the most important elements in the success of learning online. Training for developing learning media using the Learning Management System (LMS) for vocational teachers in Babelan, Bekasi Regency, West Java in order to improve teacher competencies in making learning media online. This activity is one of the programs carried out continuously every year in teachers and community members as part of the implementation of science and skills in the community. The method used in this activity includes lectures, questions and answers, demonstrations and practices. The target audience is a teacher with a number of participants of 20 people. The training material provided includes (1) Learning Management System, (2) method of making online learning media, and (3) online skills. Based on the pre-test, post-test, and evaluation was obtained that training had a positive impact on knowledge and expertise and increased by 65% and all respondents agreed that P2M was useful and had a positive impact on the participant's career because of the material, delivery, and implementation of activities was very relevant, as expected but with the allocation of time to be added..


Di era pandemi Covid-19, pembelajaran dilakukan melalui pembelajaran jarak jauh atau daring. Hal ini memerlukan dukungan dalam mengelola sistem pembelajaran secara daring. Media Pembelajaran secara daring merupakan salah satu unsur terpenting dalam suksesnya pembelajaran secara daring. Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Learning Management System (LMS) bagi guru SMK di Babelan, Kabupaten Bekasi Jawa Barat dalam rangka meningkatkan kompetensi guru dalam membuat media pembelajaran secara daring. Kegiatan ini merupakan salah satu program yang dilakukan secara berkesinambungan setiap tahunnya pada guru dan warga masyarakat sebagai bagian implementasi ilmu pengetahuan dan keterampilan di masyarakat. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi ceramah, tanya jawab, demonstrasi dan praktik. Khalayak sasaran adalah guru dengan jumlah peserta 20 orang. Materi pelatihan yang diberikan meliputi (1) Learning Management System, (2) Metode Pembuatan Media Pembelajaran Daring, dan (3) ketrampilan daring. Berdasarkan pre-test, post-test,dan evaluasi didapat bahwa pelatihan berdampak positif bagi pengetahuan dan keahlian dan meningkat sebesar 65% serta seluruh responden setuju bahwa materi, penyampaian, dan pelaksanaan kegiatan sangat relevan, sesuai harapan namun dengan alokasi waktu yang perlu ditambah, serta bermanfaat dan memberi dampak positif bagi karir peserta pelatihan. 

Article Details

Section
Articles

References

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran.

Buana, D. R. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(3), 217-226.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Riyanda, A. R., Herlina, K., & Wicaksono, B. A. (2020). Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Ikra-Ith Humaniora: Jurnal Sosial dan Humaniora, 4(1), 66-71

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton, C. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1).