PELATIHAN PENERAPAN METODE FIFO DALAM MENILAI PERSEDIAAN KEPADA SISWA-SISWI SMA HARAPAN JAYA

Main Article Content

Yanti Yanti
Timothy Brian Kurniawan

Abstract

From the preliminary survey, we found a problem where students at SMA Harapan Jaya had never been given knowledge about how to calculate inventory value using the First In First Out (FIFO) method. For this reason, we from the Faculty of Economics will provide a solution in the form of training on how to calculate inventory value using the FIFO method to students at Harapan Jaya High School. The target that we want to achieve in this training is that after the training is held, the students at SMA Harapan Jaya, who previously did not know how to calculate inventory value using the FIFO method, became familiar with using the FIFO method in assessing inventory. The implementation method that we will use in the training consists of several steps. First, conduct a preliminary survey by conducting interviews with the school. Second, prepare training modules. Third, presenting the module online with Zoom media. Fourth, we will give quizzes before and after training. Fifth, asking students to fill out a questionnaire to assess their satisfaction with the training. The outputs of this PKM activity are: Publications at Senapenmas and Pintar held by Universitas Tarumanagara.

Dari survey pendahuluan, kami menemukan permasalahan dimana siswa-siswi di SMA Harapan Jaya belum pernah diberikan pengetahuan tentang cara menghitung nilai persediaan dengan metode First In First Out (FIFO). Untuk itu kami akan memberikan solusi dalam bentuk pelatihan cara menghitung nilai persediaan dengan metode FIFO kepada siswa-siswi di sekolah SMA Harapan Jaya. Target yang ingin kami capai dalam pelatihan ini adalah agar setelah pelatihan diadakan, maka siswa-siswi di SMA Harapan Jaya yang sebelumnya belum mengenal tentang cara menghitung nilai persediaan dengan metode FIFO, menjadi paham menggunakan metode FIFO dalam menilai persediaan. Metode pelaksanaan yang akan kami gunakan dalam pelatihan terdiri dari beberapa langkah. Pertama, melakukan survey pendahuluan dengan cara mengadakan wawancara kepada pihak sekolah. Kedua, mempersiapkan modul pelatihan. Ketiga, mempresentasikan modul secara daring dengan media Zoom. Keempat, memberikan contoh kasus sederhana sebelum dan setelah pelatihan kepada siswa-siswi. Kelima, mengevaluasi keberhasilan pelatihan dan meminta para siswa untuk mengisi kuesioner untuk menilai kepuasan mereka atas pelatihan yang telah diberikan. Luaran wajib dari kegiatan PKM ini adalah: Publikasi di Senapenmas dan Luaran Tambahan adalah publikasi di laman Pintar milik Universitas Tarumanagara.

Article Details

Section
Articles

References

Ikatan Akuntan Indonesia. (2017). Standar Akuntansi Keuangan Efektif Per 1 Januari 2017. Jakarta. Ikatan Akuntan Indonesia.

Kieso, Donald E., Jerry J. Weygandt., Terry D. Warfield. (2020). Intermediate Accounting. IFRS Edition. 4nd Edition. USA. John Wiley & Sons, Inc

Putra, Dewa Gede Eka Narendra Putra dan Ni Ketut Purnawati. (2018). Kinerja Manajemen Persediaan Barang Dagangan Pt. Artha Dinamis Sentosa Bali. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, (10), 5599-5627. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i10.p14.

Weygandt, Jerry J., Paul D. Kimmel, dan Donald E. Kieso. (2018). Financial Accounting. IFRS Edition. 4nd Edition. USA. John Wiley & Sons, Inc

Yuniarwati, Linda Santioso, Agustin Ekadjaja, Nurainun Bangun. (2018). Pengantar Akuntansi 2 Belajar Mudah Akuntansi. Jakarta. Mitra Wacana Media.