PENERAPAN PEMBELAJARAN ONLINE INTERAKTIF MENGENAI TEKNIK INFORMATIKA DAN MULTIMEDIA KEPADA SISWA SMA KALAM KUDUS JAKARTA

Main Article Content

Darius Andana Haris
Carlene Lim
Natalicia Margatan

Abstract

SMA Kalam Kudus is one of the schools that is aware of the need to hold IT extra-curricular activities in their schools and requires experts who really understand this field. In this case, FTI UNTAR cooperates to provide extra-curricular IT and Multimedia by implementing an online learning system that remains interactive. Because they are aware of school students who need more encouragement for learning awareness. Experience from research and similar PKM is also applied in bringing learning materials to be more interactive, the use of software & services such as Gather Town, LightBot, PC Building Simulator and other interactive software is an option to bring basic materials for the introduction of IT and Multimedia. The purpose of this PKM is that students understand the basics of IT, are ready for lectures and of course with easy and interesting material to learn. This kind of activity indirectly also becomes the promotion of FTI UNTAR to schools.

SMA Kalam Kudus menjadi salah satu sekolah yang sadar akan perlunya mengadakan ekstra kurikuler TI di sekolahnya dan memerlukan pakar yang memang mengerti di bidang tersebut. Dalam hal ini FTI UNTAR menjalin kerja sama menyediakan ekstra kurikuler TI dan Multimedia dengan menerapkan sistem pembelajaran online yang tetap interaktif. Karena sadar dengan siswa sekolah yang perlu dorongan lebih untuk kesadaran belajar. Pengalaman dari penelitian dan PKM sejenis juga diterapkan dalam membawakan materi pembelajaran agar lebih interaktif, penggunaan software & service seperti Gather Town, LightBot, PC Building Simulator dan software interaktif lainnya menjadi pilihan untuk membawakan materi dasar pengenalan TI dan Multimedia. Maksud dari PKM ini adalah siswa mengerti dasar TI, siap untuk perkuliahan dan tentunya dengan materi yang mudah dan menarik dipelajari.Kegiatan semacam ini secara tidak langsung juga menjadi promosi FTI UNTAR ke sekolah.

Article Details

Section
Articles

References

Andinny, Y., & Lestari, I. (2016). PENGARUH PEMBELAJARAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 1(2), 170.

Haris, D. A., & Tryharyanto, R. T. (2021). Online Workshop "Mudah Membuat AR" at Kalam Kudus Senior Highschool. Journal of Game, Game Art and Gamification, 6(2).

Haris, D. A., Pragantha, J., Raysandi, A., Orlando, S., & Lim, C. (2021). Web Based Typing Education Game "Prison Popper" on Website to Improve Typing Skills. TICATE. Jakarta.

Maulana, G. G. (2017). PEMBELAJARAN DASAR ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN MENGGUNAKAN EL-GORITMA BERBASIS WEB. Jurnal Teknik Mesin, 6, 8.

Prasanti, D., & Indriani, S. S. (2018). PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM SISTEM E-HEALTH ALODOKTER.COM. Jurnal Sosioteknologi, 17(1), 93.

Siregar, H. F., Siregar, Y. H., & Melani. (2018). Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. Jurnal Teknologi Informasi, 2(2), 113 - 121.