PENYUSUNAN LAPORAN ARUS KAS DENGAN METODE LANGSUNG

Main Article Content

Liana Susanto
Kent Jonathan

Abstract

The problem faced by partner, Lembaga Beasiswa Dharma Pembangunan, is that the students have not received material on the preparation the statement of cash flows in school. The team from Faculty of Economic and Business majoring in Accounting, Tarumanagara University, offer a solution by providing training on the preparation the statement of cash flows. The specific target to be achieved from this training is to increase the knowledge of the students at Lembaga Beasiswa Dharma Pembangunan, especially regarding to statement of cash flows. The material that will be provided is expected to provide benefits to these students when they work or continue their education to a higher level, especially those related to the accounting. There are several stage carried out in yhe implementation of this activities at Lembaga Beasiswa Dharma Pembangunan. First, a survey was conducted to find out what material is needed by the partner. Based on this survey, it is known that the material needed by parter is about preparation the statement of cash flows. Furthermore, the team will prepare the material that will given to the student and provide online training due to the pandemic caused by covid 19 virus. In the last stage, the team will make mandatory and additional outputs, and prepare the final and financial reports. Overall, this activity was carried out from July to December 2021.


Permasalahan yang dihadapi oleh pihak mitra yaitu Lembaga Beasiswa Dharma Pembangunan adalah para siswa siswi yang ada di lembaga tersebut belum mendapatkan materi mengenai penyusunan laporan arus kas di sekolah. Tim dosen dan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis jurusan Akuntansi Universitas Tarumanagara, menawarkan solusi dengan memberikan pelatihan mengenai penyusunan laporan arus kas. Tujuan maupun target khusus yang hendak dicapai dari adanya pelatihan ini adalah agar pengetahuan dari para siswa siswi yang ada di Lembaga Beasiswa Dharma Pembangunan dapat bertambah, khususnya mengenai laporan arus kas. Materi yang akan diberikan ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada siswa siswi ini pada saat mereka nanti bekerja atau melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi, terutama yang berkaitan dengan bidang akuntansi. Terdapat beberapa tahap yang dilakukan dalam pelaksanaan kegiatan PKM di Lembaga Beasiswa Dharma Pembangunan ini. Pertama yaitu dilakukan survei untuk dapat mengetahui materi apa yang dibutuhkan oleh pihak mitra. Berdasarkan dari survei tersebut maka diketahui bahwa materi yang dibutuhkan oleh pihak mitra untuk dilakukan pelatihan adalah materi mengenai penyusunan laporan arus kas. Selanjutnya tim dosen dan mahasiswa akan mempersiapkan materi berupa teori maupun contoh soal serta penjelasannya yang akan diberikan kepada para siswa siswi serta memberikan pelatihan secara online yang dikarenakan adanya pandemi yang disebabkan oleh virus covid 19. Pada tahap terakhir, kegiatan ini akan diakhiri dengan membuat artikel SERINA dan PINTAR sebagai luaran wajib dan luaran tambahan, serta menyusun laporan akhir dan laporan keuangan atas kegiatan yang telah dilakukan. Secara keseluruhan kegiatan PKM ini dilakukan sejak bulan Juli sampai dengan bulan Desember 2021.

Article Details

Section
Articles

References

Dewi, S. P., Dermawan, E. S., dan Susanti, M. (2017). Pengantar Akuntansi Sekilas Pandang Perbandingan dengan SAK yang Mengadopsi IFRS, SAK ETAP, dan SAK EMKM. Edisi Pertama. Bogor: In Media.

Hariyanto, M. Pengaruh Laba dan Arus Kas Terhadap Kondisi Financial Distress. (2018). AKTIVA, 3(1), 44-60.

Mufidah, E.(2017). Amalisis Laba, Arus Kas Operasi, dan Nilai Buku Ekuitas Terhadap Harga Saham. EKSIS, 12(1), 47-62.

Sari, N., Lie, D., Tarigan, P., dan Siregar, L. (2016). Analisis Laporan Arus Kas Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada PT Unilever Indonesia, Tbk Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Financial, 2(2), 44-51.

Sianipar, L.U.S, Siregar, L. Jubi, dan Susanti, E. (2016). Amalisis Laporan Arus Kas Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada PT Indofood Sukses Makmur, Tbk Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal SULTANIST, 5(2), 83-89.

Weygandt, J. J., Kimmel P. D., dan Kieso, D. E. (2019). Financial Accounting. 4th Edition. United States: JohnWiley & Sons, Inc.

https://www.facebook.com/dharmapembangunan