PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA DALAM MENINGKATKAN USAHA UMKM JAMBI DI TENGAH PANDEMI

Main Article Content

Viny Christanti M

Abstract

Jambi MSMEs are one of the MSMEs that need support in dealing with this pandemic. FTI Untar helped several Jambi SMEs who needed assistance to increase their knowledge in running a business during this pandemic. These MSMEs also need assistance in overcoming problems in running a business by utilizing social media. Although there are many social media used in running businesses in various fields, it should be realized that not all MSMEs can directly apply the use of social media. Limited human resources, limited ability to use technology, geographical conditions that are not possible or the availability of products that can be met affect the ability of MSMEs to use social media. Eleven Jambi UMKM partners who are members of group B1 need assistance in using and maximizing the use of social media to support their businesses. In this service, assistance is provided in the form of material presentation about E-Commerce which can be started from the use of social media and choosing the right solution in the use of social media. The presentation of the material is carried out in the form of an online seminar that conveys the differences between E-Commerce and the various applications that can support the technology. Suggestions regarding possible solutions are given in the form of discussions with each partner who attends this online meeting room. The expected end result is that eleven partners can gain knowledge about whether they are currently using E-Commerce technology. In addition, it is hoped that partners can help to think about whether solutions for using social media can be carried out and how they can maximize the use of social media.


UMKM Jambi merupakan salah satu UMKM yang membutuhkan dukungan dalam menghadapi masa pandemi ini. FTI Untar membantu beberapa UMKM Jambi yang membutuhkan bantuan untuk meningkatkan pengetahuan dalam menjalankan usaha saat pandemi ini. UMKM ini juga membutuhkan pendampingan dalam mengatasi masalah dalam menjalankan usaha dengan memanfaatkan sosial media. Walaupun sudah banyak sosial media yang digunakan dalam menjalankan usaha diberbagai bidang, perlu disadari bahwa tidak semua UMKM dapat langsung menerapkan penggunaan sosial media tersebut. Keterbatasan sumber daya manusia, keterbatasan kemampuan dalam menggunakan teknologi, keadaan geografis yang tidak memungkinkan atau ketersediaan produk yang dapat dipenuhi mempengaruhi kemampuan UMKM dalam menggunakan sosial media. Sebelas mitra UMKM Jambi yang tergabung dalam kelompok B1 membutuhkan pendampingan dalam menggunakan dan memaksimalkan penggunaan sosial media dalam mendukung usaha mereka. Dalam pengabdian ini diberikan pendampingan dalam bentuk pemaparan materi mengenai E-Commerce yang dapat dimulai dari penggunaan sosial media dan memilih solusi apa yang tepat dalam penggunaan sosial media. Pemberian pemaparan materi dilakukan dalam bentuk seminar online yang menyampaikan apa perbedaan E-Commerce dan berbagai aplikasi yang dapat mendukung teknologi tersebut. Pemberian saran mengenai solusi yang dapat dilakukan diberikan dalam bentuk diskusi dengan setiap mitra yang hadir ruang pertemuan online ini. Hasil akhir yang diharapkan adalah sebelas mitra dapat memperoleh pengetahuan mengenai apakah mereka saat ini sudah menggunakan teknologi E-Commerce. Selain itu diharapkan mitra dapat membantu untuk memikirkan apakah solusi penggunaan sosial media dapat dilakukan dan bagaimana mereka dapat memaksimalkan penggunaan sosial media.


Article Details

Section
Articles

References

Admin Disnaker. Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pelaku Usaha Pemula. Diakses dari https://disnakerkop.jambikota.go.id/

Ilham, IIham. "Kondisi Pengusaha Indonesia Ditengah Pandemi Covid-19." Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKN dan Sosial Budaya 4, no. 1 Extra (2020): 59-68.

Kaplan, Andreas M., and Michael Haenlein. "Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media." Business horizons 53, no. 1 (2010): 59-68.

Oeliestina, Oeliestina. "PENGARUH PANDEMI COVID 19 TERHADAP PEREKONOMIAN PROPINSI JAMBI." Jurnal Apresiasi Ekonomi 9, no. 1 (2021): 54-66.

Prihadi, D. and Susilawati, A.D., 2018. Pengaruh Kemampuan E-Commerce dan Promosi di Media Sosial terhadap Kinerja Pemasaraan. Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(1), pp.15-20.

Thaha, Abdurrahman Firdaus. "Dampak covid-19 terhadap UMKM di Indonesia." BRAND Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran 2, no. 1 (2020): 147-153.

Zuraya, N. Provinsi Jambi Sediakan Rp 1,5 Miliar untuk Bantuan UMKM. Diakses dari https://www.republika.co.id/berita/qwwl5z383/provinsi-jambi-sediakan-rp-15-miliar-untuk-bantuan-umkm.