PENINGKATAN PENGETAHUAN MENGENAI PEMANFAATAN PLATFORM DIGITAL DALAM MENJALANKAN USAHA UMKM JAMBI

Main Article Content

Viny Christanti M

Abstract

The digital platform is one of the means for MSMEs to be able to run their business. The use of digital platforms must be adapted to the circumstances of each MSME. There are MSMEs who have not been able to use WA, Instagram or others because so far they are still selling products in traditional markets or the inability to use technology. In addition, there are also those who still do not dare to market widely through digital platforms because their ability to provide products is limited. Various limitations and differences in solutions in each MSME encourage FTI Untar to provide assistance in increasing knowledge and finding solutions in the use of digital platforms. Seven Jambi MSME partners who are members of the A3 group participated in this PKM activity online. This activity is carried out for productive economic partners to increase productivity and income for their own businesses. In providing assistance, the team provides basic knowledge to provide an overview of whether it has actually led to the use of digital platforms. By providing general knowledge, it is hoped that they can provide knowledge about various digital platforms that can be used to increase their business productivity. In addition to general knowledge, in this activity an oral survey was conducted to find out what digital platforms have been used. So that it can help direct how other steps can be taken in utilizing digital platforms according to the circumstances and conditions of each MSME. For partners who are already using the digital platform, solutions are given on how to increase the use of the digital platform both in terms of content and technology. The result of this activity is an online face-to-face mentoring activity with 7 partners through the Zoom media.


Platform digital merupakan salah satu sarana bagi UMKM untuk dapat menjalankan usahanya. Penggunaan platform digital harus disesuaikan dengan keadaan masing-masing UMKM. Ada UMKM yang belum bisa menggunakan WA, Instagram atau lainnya dikarenakan selama ini masih menjajakan produk di pasar tradisional atau ketidakmampuan dalam menggunakan teknologi. Selain itu juga ada yang masih belum berani memasarkan secara luas melalui platform digital karena kemampuan dalam menyediakan produk terbatas. Berbagai keterbatasan dan perbedaan solusi dalam setiap UMKM, mendorong FTI Untar untuk memberikan bantuan pendampingan dalam meningkatkan pengetahuan dan mencari solusi dalam penggunaan platform digital. Tujuh mitra UMKM Jambi yang tergabung dalam kelompok A3 mengikuti kegiatan PKM ini secara daring. Kegiatan ini dilakukan terhadap mitra ekonomi produktif untuk meningkatkan produktifitas dan pemasukan untuk usaha mereka sendiri. Dalam memberikan pendampingan, tim memberikan pengetahuan dasar untuk memberikan gambaran apakah sebenarnya sudah mengarah kearah penggunaan platform digital. Dengan memberi pengetahuan umum diharapkan dapat memberikan pengetahuan tentang berbagai macam platform digital yang dapat digunakan untuk meningkatkan produktifitas usaha mereka. Selain pengetahuan umum, pada kegiatan ini dilakukan survei secara lisan untuk mengetahui platform digital apa yang sudah digunakan. Sehingga dapat membantu mengarahkan bagaimana langkah-langkah lain yang dapat dilakukan dalam memanfaatkan platform digital sesuai dengan keadaan dan kondisi masing-masing UMKM. Bagi mitra yang sudah menggunakan platform digital, maka diberikan solusi bagaimana cara meningkatkan penggunaan platform digital tersebut baik dari sisi konten dan teknologi. Hasil dari kegiatan ini adalah kegiatan pendampingan tatap muka online dengan 7 mitra melalui media Zoom.

Article Details

Section
Articles

References

Laura Hardilawati, Wan, 2020. "Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19." Jurnal Akuntansi dan Ekonomika 10, no. 1(2020) , pp: 89-98.

Rifai, Zanuar, and Dwi Meiliana. "Pendampingan Dan Penerapan Strategi Digital Marketing Bagi Umkm Terdampak Pandemi Covid-19." BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 4 (2020): 604-609.

Rino, Launching Galeri Wirausaha Unggulan Jambi Pj Gubernur Dorong Pertumbuhan UMKM, Diakses dari https://jambiprov.go.id/berita-launching-galeri-wirausaha-unggulan-jambi-pj-gubernur-dorong-pertumbuhan-umkm.

Solmi. Jambi Dorong UMKM Mulai Berbisnis Digital. Diakses dari https://mediaindonesia.com/nusantara/322916/jambi-dorong-umkm-mulai-berbisnis-digital

Widyoko, M., Bantuan UMKM 2021 Kota Jambi Telah Daftarkan 8.300 UMKM, Berikut Persyaratannya. Diakses dari https://jambi.tribunnews.com/2021/07/15/bantuan-umkm-2021-kota-jambi-telah-daftarkan-8300-umkm-berikut-persyaratannya.