ASSESSMENT PENELUSURAN KARIR AKADEMIK BERDASARKAN KESESUAIAN PERSEPSI BAKAT DAN MINAT DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KANAAN JAKARTA

Main Article Content

Debora Basaria
P.Tommy.Y.S Suyasa

Abstract

To produce a best human resources in various sectors of work, of course, it is necessary to know for talents and interests from an early age of an individuals. It is known that when individuals enter their teens, in general they have started to have thoughts about the work, and what they want to do in the future. Education in Indonesia currently has a policy of majors for students starting when they sit in high school (SMA). Related to this, it is important to take a talent and interest assessment that can help them in choosing a faculty or study program at the college or university level. This assessment can also prepare students to seriously finish their high school with sufficient grades to be accepted into the faculties and colleges they want. This assessment was held using Zoom as a communication media. Data collection is collected online using Google Form and Google Class. This activity was attended by 90 participants where the participants consisted of students of class x and class xi from the science and social studies majors using Cognitive Test, TCII, and A/NA-SC.The three measuring instruments measure intelligence as well as talents and interests. The results of this search are shown in the form of reports and psychograms that show the interests and talents of each student in the high school. In addition to reports, a Webinar was also held involving parents and children as well as teachers with the theme "Optimizing Children's Potential in School Life". The webinar was held with the aim of providing further information on how teachers and especially parents optimize the abilities of their sons and daughters in their school life.

 

Untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul di berbagai sektor pekerjaan, tentunya dibutuhkan penelusuran bakat dan minat dari usia sejak dini pada seorang individu. Diketahui ketika individu memasuki usia remaja, pada umumnya mereka sudah mulai memiliki pemikiran mengenai pekerjaan yang ingin mereka geluti di masa depan. Pendidikan di Indonesia saat ini memiliki kebijakan penjurusan bagi siswa dimulai sejak mereka duduk dibangku sekolah menengah atas (SMA). Terkait dengan hal tersebut, maka penting kiranya dibuat sebuah kegiatan penelusuran bakat dan minat yang dapat membantu mereka dalam pemilihan fakultas atau program studi pada jenjang perguruaan tinggi atau universitas. Kegiatan ini juga dapat mempersiapkan siswa untuk serius menyelesaikan sekolah menengah atas mereka dengan nilai yang memadai untuk dapat diterima di fakultas dan perguruan tinggi yang mereka inginkan. Kegiatan ini diselenggarakan menggunakan media komunikasi Zoom. Pengambilan data dilakukan secara online dengan menggunakan media Google Form dan Google Class. Kegiatan ini diikuti oleh 90 orang partisipan dimana partisipan terdiri atas siswa/i kelas x dan kelas xi dari jurusan IPA dan IPS dengan menggunakan alat ukur tes kognitif, TCII, dan A/NA-SC. Ketiga alat ukur tersebut mengukur intelegensi serta bakat dan minat. Hasil dari penelusuran ini ditunjukkan dalam bentuk laporan dan psikogram yang menunjukkan minat dan bakat yang dimiliki oleh tiap siswa yang ada di SMA tersebut. Selain laporan, diadakan pula Webinar yang melibatkan orang tua dan anak serta guru dengan mengusung tema “Optimalisasi Potensi Anak dalam School Life”. Webinar tersebut diselenggarakan dengan tujuan dapat memberikan informasi lebih lanjut mengenai bagaimana guru dan khususnya orang tua menoptimalisasikan kemampuan putra putrinya di dalam kehidupan sekolah mereka.

Article Details

Section
Articles

References

Awaliyah, G., & Murdaningsih, D. (2019, Febuari 07). 87 persen mahasiswa mengaku salah pilih jurusan. Diunduh dari https://republika.co.id/berita/pmjuhw368/87-persenmahasiswa-mengaku-salah-pilih-jurusan

Irma. (2018, November 12). Salah pilih jurusan bisa pengaruhi nilai. Diunduh dari https://metrojambi.com/read/2018/11/12/37218/salah-pilih-jurusan-bisa-pengaruhi-nilai

Kerr, Barbara. (2009). Escyclopedia of giftedness, creativity, and talent. California: Sage Publications, Inc

Lucy, Bunda. 2010. Mendidik Sesuai Minat dan Bakat Anak (Painting Your Children’s Future). Jakarta: PT. Tangga Pustaka.

Marsidi, S.R & Hatta, A.R. (2019). Penelusuran bakat minat pada siswa SMA di Bekasi. Jurnal Abdimas. 5(2). 148-152. Diunduh dari https://digilib.esaunggul.ac.id/penelusuran-bakat-minat-pada-siswa-sma-di-bekasi-17944.html

Nimda. (2019, Januari 30). Jurusan kuliah, pilihan kamu atau orang tua? Diunduh dari https://www.teknik.unpas.ac.id/blogs/jurusan-kuliah-pilihan-kamu-atau-orang-tua/

Reninger, K. Ann & Hidi, Suzanne E. Hidi. (2016). The power of interest for motivation and engagement. New York and London: Routledge Taylor & Francis Group.

Winkel, W.S. (2005). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi