Peran Komunikasi Artifaktual dalam Membangun Identitas Visual dan Budaya Mahasiswa Fashion di Burgo Indonesia

Isi Artikel Utama

Yessica Yessica
Lusia Savitri Setyo Utami

Abstrak

With cultural diversity, fashion goes beyond aesthetics and becomes a non-verbal communication tool that reflects an individual's identity, social status and values. It is able to shape perceptions and self-image that reflect the visuals and culture that characterise a person. This research wants to know and describe artifactual communication as a visual and cultural identity of fashion students in Burgo Indonesia. This research uses symbolic interaction theory by George Herbert Mead, which explains social symbols and meanings influence human interaction. This research uses a descriptive qualitative method with a case study approach. Data was collected through in-depth interviews and direct observation of fashion students at Burgo Indonesia. The results showed that the work of fashion students in Burgo Indonesia is aesthetic but also has meaning, reflecting a distinctive visual and cultural identity. The findings contribute to the development of artifactual communication theory as well as providing practical guidance for fashion students in creating design works that combine aesthetics and culture as individual characteristics.


 


Dengan keberagaman budaya, fashion tidak hanya berbicara estetika, melainkan menjadi alat komunikasi non-verbal yang mencerminkan identitas, status sosial, dan nilai individu. Hal ini mampu membentuk persepsi dan citra diri yang mencerminkan visual dan budaya yang menjadi ciri khas seseorang. Penelitian ini ingin mengetahui dan mendeskripsikan komunikasi artifaktual sebagai identitas visual dan budaya mahasiswa fashion di Burgo Indonesia. Penelitian ini menggunakan teori interaksi simbolik oleh George Herbert Mead, yang menjelaskan simbol dan makna sosial mempengaruhi interaksi manusia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi langsung terhadap mahasiswa fashion di Burgo Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karya mahasiswa fashion di Burgo Indonesia estetis tetapi juga memiliki makna, mencerminkan identitas visual dan budaya yang khas. Temuan ini memberikan kontribusi pada pengembangan teori komunikasi artifaktual serta memberikan panduan praktis bagi mahasiswa fashion dalam menciptakan karya desain yang memadukan estetika dan budaya sebagai ciri khas individu.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Dewi, P. R. K., & Wiranata, I. M. A. (2017). Kolaborasi Dior Dan Tenun Endek Bali Dalam Kerangka Diplomasi Budaya Indonesia. Global Strategis, 2(2). Https://Pdfs.Semanticscholar.Org/02d5/6b810b64248a7aacae08372ef3d80dd7 b106.Pdf

Fanani, Ipan. (2024, March 13). Gaya Hidup Burgo Indonesia Persembahkan “Ekatā” Di Pagelaran Plaza Indonesia Fashion Week 2024. Https://Www.Pramborsfm.Com/Amp/Lifestyle/Burgo-Indonesia Persembahkan-Ekata-Di-Pagelaran-Plaza-Indonesia-Fashion-Week-2024

Fathonah, S., Paramita, S., & Utami, L. S. S. (2019). Makna Pesan Dalam Tari Tradisional (Analisis Deskriptif Kualitatif Makna Pesan Dalam Kesenian Tari Piring). Koneksi, 3(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24912/Kn.V3i1.6151

Gantiano, H. E. (2017). Analisis Dampak Strategi Komunikasi Non Verbal. Dharmaduta, XV(1), 86–93.

Maksum, D. (2018). Hubungan Pemahaman NKRI Dan Kesadaran Akan Keragaman Budaya Lokal Dengan Sikap Cinta Tanah Air Di Kelas V Sekolah Dasar Di Gugus VI Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 5(2), 217–340. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.69896/Modeling.V5i2.340

Mudana, I. G., Julianto, I. N. L., Yasa, G. P. P. A., Sustiawati, N. L., Ardini, N. W., Sumerjana, K., & Andreani, N. P. E. (2024). Identitas Visual Karakter Animasi Sebagai Representasi Multikultural Labuan Bajo. Visualita, 12(02). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.34010/Visualita.V12i2.11406

Poerwanto, & Yudha, R. P. (2019). Persepsi Generasi Millineal Terhadap Jilbab Sebagai Identitas, Fesyen, Komunikasi Nonverbal Dan Kreativitas. Tourism And Creativity, 3(1), 3–4. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.19184/Jtc.V3i1.13942

Pohan, J. D. B., Marliyah, & Nasution, M. L. I. (2024). Penerapan Circular Fashion Pada Perilaku Hedonisme Generasi Z Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jambura Economic Education Journal Hlm, 6(1), 217–231. Https://Doi.Org/Https://Ejurnal.Ung.Ac.Id/Index.Php/Jej/Index

Rusandi, & Rusli, Muhammad. (2023). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif Dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. Https://Doi.Org/Http://Jurnal.Staiddimakassar.Ac.Id/Index.Php/Aujpsi

Sandy, R. Kurnia. (2023). Fashion Sebagai Komunikasi Artifaktual Dalam Pembentukan Identitas Diri Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Lampung [Skripsi, Universitas Lampung]. Http://Digilib.Unila.Ac.Id/72897/

Sari, Y. M., Adhrianti, L., & Saragih, R. B. (2021). Komunikasi Non Verbal Artifaktual Melalui Pakaian Sebagai Media Pembentukan Identitas Diri Pada Mahasiswa Bercadar Di Universitas Bengkulu. Journal Of Islamic Communications, 2(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36085/Joiscom.V2i2.1986

Tamburian, Daniel. (2018). Komunikasi Lintas Budaya Masyarakat Dayak Dalam Menjaga Kerukunan Hidup Umat Beragama. Jurnal Komunikasi, 10(1), 77–86. Https://Scholar.Google.Com/Scholar?Hl=Id&As_Sdt=0%2C5&Q=+Komunika si+Lintas+Budaya+Masyarakat+Dayak+Dalam+Menjaga+Kerukunan+Hidup+ Umat+Beragama&Btng=

Wijayanti, I., & Utami, L. S. S. (2023). Analisis Pembentukan Konsep Diri Terkait Makna Pesan Dalam Lirik Lagu (Studi Kasus Pada Kalangan Penggemar Boygroup BTS). Koneksi, 7(2), 375–384. Https://Scholar.Googleusercontent.Com/Scholar?Q=Cache:G

Ob1P9UowEJ:Scholar.Google.Com/&Hl=En&As_Sdt=0,5