Menciptakan Brand Awareness Dalam Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Platform Media Sosial

Main Article Content

Vania Yolanda
Muhammad Adi Pribadi

Abstract

This research discusses communication strategies in building brand awareness through company social media in the digital era. With a qualitative approach, this research analyzes the role of social media as a platform for company interaction with consumers, especially in promoting products and strengthening brand image. Data collected through in-depth interviews with sources from companies and consumers. A case study at company x shows that the use of creative communication strategies, such as interesting content, two-way interactions, and the use of social media features, succeeded in increasing brand awareness. The research results reveal that brand awareness elements, such as brand recall and brand recognition, play an important role in creating a close relationship between consumers and brands. In addition, test validity and reliability to show that the data collected is valid and consistent. The conclusions of this research emphasize how important continuous innovation is in social media strategy to maintain brand awareness amidst very tight market competition. The advice given is for companies to be more active on social media and follow digital trends to remain competitive in the market.


Penelitian ini membahas strategi komunikasi dalam membangun brand awareness melalui media sosial perusahaan di era digital. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini menganalisis peran media sosial sebagai platform interaksi perusahaan dengan konsumen, terutama dalam mempromosikan produk dan memperkuat citra merek. Data yang dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan narasumber dari perusahaan dan konsumen. Studi kasus pada brand X menunjukkan bahwa penggunaan strategi komunikasi kreatif, seperti konten yang menarik, interaksi dua arah, dan pemanfaatan fitur media sosial berhasil meningkatkan kesadaran merek. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa elemen brand awareness, seperti brand recall, dan brand recognition memainkan peran penting dalam menciptakan hubungan yang erat antara konsumen dan merek. Selain itu, uji validitas dan reliabilitas untuk menunjukkan bahwa data yang dikumpulkan valid dan konsisten. Kesimpulan penelitian ini menegaskan seberapa pentingnya inovasi yang berkelanjutan dalam strategi media sosial untuk mempertahankan kesadaran merek di tengah persaingan pasar yang sangat ketat. Saran yang diberikan adalah agar perusahaan dapat lebih aktif di media sosial dan mengikuti tren digital untuk tetap kompetitif di pasar.

Article Details

Section
Articles

References

Justine, S., & Pribadi, M. A. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Pusat Perbelanjaan di Jakarta (Studi Kasus Emporium Pluit Mall). Prologia, 7(1), 164–170. https://doi.org/10.24912/pr.v7i1.21281

Ramadayanti, F. (2019). Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis Peran Brand Awereness Terhadap Keputusan Pembelian Produk. JSMB, 6(2), 78–83. http://journal.trunojoyo.ac.id/jsmb78

Nugraha, A. G. (2018). Pengaruh Brand Awareness, Perceived Quality, Price, Dan Design Product Terhadap Keputusan Pembelian Honda Vario 125 Di Banjarnegara. Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMP, 8–30. https://repository.ump.ac.id/7852/3/Aditya%20Gesa%20Nugraha_BAB%20II. pdf

Riri, M. (2023, October 10). Mengenal Konsep Ekuitas Merek (Brand Equity) dan Cara Membangunnya. MarketingOnlineIndonesia. https://marketingonline.id/ekuitas-merek/

Pransiska, Y., Duku, S., & Pohan, H. A. (2023). Strategi Gatra Sumbagsel Dalam Mempertahankan Eksistensi Media Informasi Di Era New Media. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 3(2), 421–429. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v3i2.689