Brand Activation dan Community Relations sebagai Strategi Meningkatkan Brand Awareness
Main Article Content
Abstract
In today's digital era, sports and health events are increasingly popular, with brands striving to reach a wider audience. Ion Water, a low-calorie isotonic drink, utilizes Marketing Public Relations (MPR) strategies to educate the public about healthy lifestyles through the Ionation event. This research aims to explore how the MPR campaign strategy (Ionation), leveraging Key Opinion Leaders (KOL) and Community Relations from Brand Activation, enhances brand awareness. Using public communication theory with a focus on MPR and public relations campaign strategies, the study employs a qualitative approach through case study methodology. Data collection involves in-depth interviews, participatory observation, document analysis, and literature review. Findings reveal that the PR campaign strategies implemented by Ion Water’s Brand Activation team to boost brand awareness consist of several stages: research, planning, execution, and evaluation, as outlined in The Nine Steps of Strategic Public Relations. These stages can be categorized into formative research, strategy, tactics, and evaluative research. The use of KOLs and Community Relations serves as an effective medium for disseminating campaign messages, ultimately positioning the brand as a top-of-mind choice for consumers.
Dalam era digital saat ini, acara olahraga dan kesehatan semakin populer, dengan merek-merek berusaha untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Ion Water, sebagai minuman isotonic rendah kalori, memanfaatkan strategi Marketing Public Relations (MPR) untuk mengedukasi masyarakat tentang gaya hidup sehat melalui acara Ionation. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana strategi kampanye MPR (Ionation), yang memanfaatkan Key Opinion Leaders (KOL) dan Community Relations dari Brand Activation, meningkatkan kesadaran merek. Menggunakan teori komunikasi publik dengan fokus pada MPR dan strategi kampanye hubungan masyarakat, studi ini menerapkan pendekatan kualitatif melalui studi kasus. Pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi partisipatif, analisis dokumen, dan tinjauan pustaka. Temuan menunjukkan bahwa strategi kampanye PR yang diterapkan oleh tim Brand Activation Ion Water untuk meningkatkan kesadaran merek terdiri dari beberapa tahapan: riset, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, seperti yang diuraikan dalam The Nine Steps of Strategic Public Relations. Tahapan ini dapat dikategorikan ke dalam riset formatif, strategi, taktik, dan riset evaluatif. Penggunaan KOL dan Community Relations berfungsi sebagai medium untuk menyebarkan pesan kampanye, yang pada akhirnya memposisikan merek sebagai pilihan yang teratas dalam pikiran konsumen.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Prologia Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Augina, A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. In Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat (Vol. 12).
Aurora, H., & Aulia, S. (2023). Strategi Brand Activation pada Brand Minuman Kekinian.
Bisma Yohannes Sukabhakti, B., & Shinta Dewi, R. (2023). Pengaruh Daya Tarik Iklan, Efek Komunitas, Dan Brand Activation Terhadap Brand Awareness Simcard Gsm Pra Bayar IM3 (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Sarjana FISIP Undip Semarang). www.topbrand-award.com,
Edsa, E. (2023). SKRIPSI_EdsaEstella_915200175 2 (1). Strategi Kampanye Public Relations Melalui Key Opinion Leader Dalam Meningkatkan Brand Awareness (Studi Pada Tim Atlet Muscle First 2021-2023).
Intani, R. (2018). Strategi Public Relations Pt. Pelni (Persero) Mengimplementasi Program CSR Melalui Program Kemitraan Dan Bina Lingkungan.
Lailynisa Fadilla Iswadi, Jamiati KN, & Daniel Handoko. (2023). Pengaruh Brand Activation Terhadap Brand Image Whitelab. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora, 1(4), 89–107. https://doi.org/10.47861/tuturan.v1i4.509
Safitri, E., Auliana, L., Sukoco, I., & Barkah, C. S. (2022). Kajian Literatur Peran Integrated Marketing Communication (IMC) dalam Mempertahankan Loyalitas Konsumen.
Sutriani, E., & Octaviani, R. (2019). Analisis Data Dan Pengecekan Keabsahan Data.