Pengaruh Iklan terhadap Minat Berkunjung ke Toko Ibu Sunter melalui Instagram

Main Article Content

Fidelia Marcella Yonata
Farid Rusdi

Abstract

Utilizing social media for advertising platform presents a significant business opportunity as it can reach a wide audience. Instagram is one of the social media platforms that has rapidly developed, making it popular for advertising activities. Toko Ibu is a coffee shop officially opened to the public on March 22, 2024. The coffee shop is located at Jalan Agung Tengah 4 Number 5, Sunter, North Jakarta. Observing the use of Instagram ads by Toko Ibu, which had not yet been running for a full year since its opening at the time of the study, the researcher conducted a study aimed at determining whether Instagram ads influence customers' interest in visiting Toko Ibu Sunter.  The study is based on the AIDA theory as a foundation for the research. The quantitative approach serves as the research method in this study, complemented by the distribution of questionnaires for data collection. The population is based on the followers of the Instagram account @tokoibu.jkt, and the sample consists of 94 respondents, obtained using the Slovin formula. The findings of the study suggest that Instagram advertising have an impact on the intention to visit Toko Ibu Sunter. The research findings indicate that the influence amounts to 39.2%. Linear regression analysis shows that a 1% increase in the advertising variable contributes 0.425 to visit interest. The coefficient of determination test reveals that advertising has a 39.2% impact on visit interest.


Pemanfaatan media sosial sebagai wadah beriklan menjadi peluang besar dalam berbisnis karena dapat menjangkau masyarakat secara luas. Instagram merupakansalah satu media sosial dengan perkembangan yang pesat sehingga populer digunakan untuk kegiatan iklan. Toko Ibu adalah kedai kopi yang resmi dibuka untuk umum pada tanggal 22 Maret 2024. Kedai kopi berlokasi  di Jalan Agung Tengah 4 Nomor 5, Sunter, Jakarta Utara.  Melihat pemanfaatan iklan Instagram oleh Toko Ibu yang belum genap berjalan setahun sejak resmi dibuka hingga waktu pelaksanaan penelitian, peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mencari tahu apakah terdapat pengaruh iklan pada media sosial Instagram terhadap minat berkunjung di Toko Ibu Sunter. Penelitian ini menggunakan landasan teori AIDA sebagai penunjang penelitian. Pendekatan kuantitatif menjadi metode penelitian ini dan dilengkapi dengan distribusi kuesioner untuk pengumpulan data. Populasi berdasarkan pengikut akun Instagram @tokoibu.jkt dan sampel sebanyak 94 yang didapatkan menggunakan rumus Slovin. Penelitian ini mengindikasikan adanya pengaruh iklan Instagram terhadap minat berkunjung di Toko Ibu Sunter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh tersebut sebesar 39,2%. Analisis regresi linear menunjukkan bahwa peningkatan 1% pada variabel iklan memberikan kontribusi sebesar 0,425 terhadap minat berkunjung. Uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa iklan memberikan pengaruh sebesar 39,2% terhadap minat berkunjung.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Fidelia Marcella Yonata, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Farid Rusdi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, Masita, Ardiawan, K. N., & Sari, M. E. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 14(1), 15–31. https://doi.org/10.21070/2017/978-979-3401-73-7

Effendy, T. L., & Tamburian, H. H. D. (2022). Pengaruh Daya Tarik Iklan di Instagram terhadap Minat Beli Produk di Cafe Janji Jiwa Jalan Dempo Palembang. Kiwari, 1(3), 435–442. https://doi.org/10.24912/ki.v1i3.15761

Hartawan, E., Liu, D., Handoko, M. R., Evan, G., & Widjojo, H. (2021). Pengaruh Iklan Media Sosial Instagram terhadap Minat Beli Masyarakat Pada E-Commerce. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 8(1), 217–228. https://doi.org/10.37034/infeb.v6i1.823

Hasan, H. H., & Pramudana, K. A. S. (2024). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian yang Dimediasi Word of Mouth Marketing. Public Service and Governance Journal, 5(1), 168–177. https://doi.org/10.56444/psgj.v5i1.1004

Simamora, B. (2022). Skala Likert, Bias Penggunaan dan Jalan Keluarnya. Jurnal Manajemen, 12(1), 84–93. https://doi.org/10.46806/jman.v12i1.978

Tasrif. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE (Studi Pada “Distribution Store Bullshirt Kota Bima”). Serat Acitya, 12(1), 105–117. https://doi.org/10.56444/sa.v12i1.604

Yohanes, G., & Aulia, S. (2022). Pengaruh Efektivitas Iklan Instagram Men’s Biore #CerahBukaJalan Pada Brand Awareness. Prologia, 6(2), 423–430. https://doi.org/10.24912/pr.v6i2.15604