Kepuasan Pelanggan Berbasis Kualitas Pelayanan dan Komunikasi Pemasaran

Main Article Content

Richard Cakrawijaya
Rezi Erdiansyah

Abstract

Communication is a process of understanding and thinking that can be conveyed individually or between individuals. Marketing is an activity where a company exchanges value between itself and consumers. This research was conducted with the aim of seeing how marketing communication influences customer satisfaction at Digibank by DBS Jakarta. The author uses quantitative descriptive methods. The results of this research show that there is a positive influence between service quality in terms of customer satisfaction at Digibank by DBS Jakarta. There is a positive influence between marketing communications in terms of customer satisfaction at Digibank by DBS Jakarta. Then there is a positive influence between service quality and marketing communications in terms of customer satisfaction at Digibank by DBS Jakarta.


Komunikasi merupakan sebuah proses pemahaman dan pemikiran yang dapat disampaikan individu atau antar individu. Pemasaran adalah sebuah kegiatan dimana suatu perusahaan menukarkan nilai antara mereka dengan konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat bagaimana pengaruh komunikasi pemasaran dalam hal kepuasan pelanggan di Digibank by DBS Jakarta. Penulis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif antara kualitas pelayanan dalam hal kepuasan nasabah di Digibank by DBS Jakarta. Adanya pengaruh  positif antara komunikasi pemasaran dalam hal kepuasan nasabah di Digibank by DBS Jakarta. Kemudian terdapat pengaruh positif antara kualitas pelayanan dan komunikasi pemasaran dalam hal kepuasan nasabah di Digibank by DBS Jakarta.

Article Details

Section
Articles

References

Adi Setiadi (2015). Pengaruh Harga, Desain Produk, dan Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Smartphone Lenovo (Studi Pada Pengguna Smartphone Lenovo) di Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Alma, Buchory., dan Saladin, Djaslim. 2018. Manajemen Pemasaran : Ringkasan Praktis, Teori, Aplikasi Dan Tanya Jawab. Bandung : CV. Linda Karya

A Parasuraman., 2014., The Behaviorial Consequenses of Service Quality. New Jersey : Prentince Hall

Arikunto, Suharsimi. 2017. Prosedur Penelitan Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Aritonang, dkk. 2015. “Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Bahan Baku Bungkil Kedelai pada Industri Pakan Ternak di Indonesia”. Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM) Vol 13 No 3, 2015.

Barkelay dan Saylor (2015). Consumer Behavior: Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran”. Jakarta : Erlangga

Cepi Triatna, 2015. Perilaku Organisasi dalam Pendidikan Bandung: PT Remaja Posdakarya

Ghozali, I. 2106. Aplikasi Analisa Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Unversitas Diponegoro.

Harman Malau. 2017. Manajemen Pemasaran. Bandung : Alfabeta.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa : Bob Sabran, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2016). Marketing Management-15/ Essex, England : Pearson Education

Lupioyadi. 2016. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi, Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Peter, J. Paul dan Jerry C Olson. 2011. Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran Buku 2, ed. 9, Alih Bahasa: Damos Sihombing, (2014), Erlangga, Jakarta

Nina Indah Febriana, “Analisis Kualitas Pelayanan Bank Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung”, An Nisbah, Vol.03, No.1, 2016

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Tjiptono, F. & Chandra, G. 2019. Service Quality & Customer Satisfaction. Penerbit Andi Offset, Yogyakarta