Pengaruh Social Media Marketing Tiktok terhadap Brand Awareness Produk Bioaqua

Main Article Content

Meiliana
Farid Rusdi

Abstract

BIOAQUA is a local brand which operates in the cosmetics and skincare sector with the main segmentation among teenagers and young adults. BIOAQUA was founded in 2019 as an output from PT. Permata Indo KAV. In facing the digital era, where competition between industrial companies is increasingly fierce, BIOAQUA continues to strive to increase purchasing sales through marketing on social media. The purpose of the research conducted was to identify the influence of TikTok's social media marketing on brand awareness of BIOAQUA products. In the research carried out also applied a type of quantitative research and used descriptive analysis methods. In a method that was carried out to collect research data that was applied by distributing questionnaires to 100 Tiktok BIOAQUA social media followers, namely @bioaquaofficialstore which was determined using a purposive sampling method. The resulting data acquisition is then carried out by analyzing the data by applying several tests in the form of validity testing, reliability testing, simple linear regression analysis and t-test. in the resulting research it was shown that an independent variable has a significant effect on the dependent variable.


BIOAQUA merupakan sebuah merek lokal (local brand) yang bergerak di bidang kosmetik dan skincare dengan segmentasi utama di kalangan usia remaja dan dewasa muda. BIOAQUA di dirikan pada tahun 2019 yang merupakan keluaran dari PT. Permata Indo KAV. Dalam menghadapi era digital, dimana persaingan antara perusahaan industri semakin ketat, BIOAQUA terus berusaha untuk meningkatkan penjualan pembelian melalui pemasaran di media sosial. Tujuan dari penelitian yang dilakukan yaitu guna mengidentifikasi pengaruhnya dari pemasaran sosial media TikTok terhadap brand awareness produk BIOAQUA. Dalam penelitian yang dilakukan juga menerapkan jenis penelitian kuantitatif serta digunakan metode analisis deskriptif. Pada sebuah Metode yang dilakukan untuk mengumpulkan data penelitian yang diterapkan dengan melakukan penyebaran kuesioner terhadap 100 pengikut media sosial Tiktok BIOAQUA yaitu @bioaquaofficialstore yang ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Perolehan data yang dihasilkan selanjutnya dilakukan Analisa data dengan diterapkannya beberapa pengujian yang berupa pengujian validitas, pengujian reliabilitas, analisis regresi linear sederhana dan uji t. dalam penelitian yang dihasilkan ditunjukkan mengenai sebuah variabel independent memiliki pengaruhnya dengan signifikan terhadap variabel dependen.

Article Details

Section
Articles

References

Amalia, I., & Putri, Y. R. (2020). Pengaruh Media Sosial Instagram @Maybelline terhadap Brand Awareness Produk Kosmetik Maybelline (Studi Kuantitatif pada Followers Indonesia Akun Instagram @Maybelline). E-Proceedings of Management, 7(2), 4705–4714.

Irvan, I., & Erdiansyah, R. (2022). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, dan Social media marketing terhadap Keputusan Pembelian Sepeda. Prologia, 6(2), 222–228. https://doi.org/10.24912/pr.v6i2.10415

Paramita, R. W. D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif: Buku Ajar Perkuliahan Metodologi Penelitian bagi Mahasiswa Akuntansi & Manajemen. Lumajang: Widya Gama Press.

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif pada Akun @Subur_Batik). WIDYA CIPTA: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271–278. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v2i2.4387

Wijaya, H., & Keni, K. (2021). Pengaruh Service Quality, Word of Mouth, dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi Kendaraan di Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 5(5), 518-523.