Analisis Strategi Kreatif YouTuber Bangpop

Isi Artikel Utama

Jody Kurniawan Pratama
Sinta Paramita

Abstrak




The presence of YouTube today greatly influences content creators in the creative industry. Content creators use YouTube as a place to make money, work and also do live streaming. The advantage of YouTube is its ability to quickly disseminate information to the public. Of the many YouTube contents, content playing games is one of the content that is in great demand. One of the YouTubers who creates content for playing this game is Bangpop, a Youtuber from Bandung. In this study, researchers. Want to know how Bangpop's creative strategy is to produce content that is in great demand by the audience. This research approach is qualitative while the method used is a case study. To collect data, an analysis of the content was carried out, and conducted in-depth interviews with Bangpop content creators. In addition, interviews were also conducted with relevant informants to obtain a more complete perspective in the research. The results of this research show that evaluating ideas, namely by creating content based on comments and responses from viewers on live streaming, will make viewers prefer the content produced.





Kehadiran YouTube saat ini sangat memengaruhi content creator di industri kreatif. Content creator menggunakan YouTube sebagai wadah untuk mencari uang, berkarya dan juga melakukan live streaming. Kelebihan YouTube adalah kemampuannya yang dapat dengan cepat menyebarkan informasi kepada masyarakat. Dari banyaknya konten Youtube, konten bermain game adalah salah satu konten yang banyak diminati. Salah satu youtuber yang membuat konten bermain game ini adalah Bangpop, seorang Youtuber asal Bandung. Pada penelitian ini peneliti. Ingin mengetahui bagaimana strategi kreatif Bangpop untuk menghasilkan konten yang banyak diminati oleh penonton. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif sedangkan metode yang digunakan adalah studi kasus. Untuk mengumpulkan data, dilakukan analisis terhadap konten, dan melakukan wawancara mendalam dengan content creator Bangpop. Selain itu dilakukan juga wawancara dengan narasumber yang relevan untuk mendapat perspektif yang lebih lengkap dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi ide yakni dengan membuat konten berdasarkan komentar dan respon dari penonton di live streaming, akan membuat penonton lebih menyukai konten yang diproduksi.







Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Marrus, S. K. (2002). Desain Penelitian Manajemen Strategik. Jakarta: Rajawali Press.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

syahidanSyahidan, M. I., Herbowo, A. B., & Wulandari, S. (2015). Peningkatan Kualitas Layanan Berdasarkan Analisis Kebutuhan Pelanggan Pospay Kota Bandung Menggunakan Servqual, Model Kano, Dan Teknik Triangulasi. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri.

Youtube. (2022, 10 14). Youtube Creator Awards. Retrieved from youtube.com: https://support.google.com/youtube/answer/7682560?hl=id#zippy=%2Ckriter ia-kelayakan